Bagian-Bagian Mesin Perajang Singkong (Slicer)

SLICER MACHINE Pada tulisan sebelumnya kita sudah membahas mengenai fungsi mesin perajang singkong (slicer). Ulasan kali ini kita akan membahas lebih detil mengenai fungsi bagian-bagian mesin perajang singkong (slicer) :

1.  Pisau Perajang

Pisau perajang merupakan salah satu bagian utama dari mesin perajang singkong (slicer). Jenis material yang digunakan untuk membuat pisau perajang adalah plat stainless steel dengan bagian sisi perajang dibuat tajam. Kami merancang pisau perajang berbentuk khusus yang memungkinkan pisau tersebut bisa diatur posisi tinggi rendahnya dengan seimbang dan rata. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan hasil rajangan dengan ukuran ketipisan yang seragam. Pisau perajang ini didesain untuk bisa ditajamkan kembali jika sudah mulai tumpul. Pisau perajang dapat dilepas dengan mudah dari cakram dudukan, kemudian diasah bagian pisau tajamnya menggunakan mesin gerinda atau menggunakan batu asah manual. Jika pisau sudah kembali tajam maka siap dipasang kembali dan pisau siap digunakan.

2.  Cakram Dudukan Pisau

Fungsi utama dari cakram dudukan pisau mesin perajang singkong (slicer) adalah sebagai dudukan tempat pisau perajang diletakkan. Cakram dibuat dari bahan plat stainless steel dan bentuknya disesuaikan dengan rancangan pisau perajang. Ukuran cakram disesuaikan dengan kapasitas mesin perajang yang dibuat. Kapasitas mesin perajang singkong (slicer) yang tinggi membutuhkan ukuran cakram yang besar, demikian juga sebaliknya.

3.  Body Mesin

Bagian body mesin perajang singkong (slicer) bagian atas yang tidak bersentuhan langsung dengan bahan baku dibuat dari material plat besi. Sedangkan untuk corong pemasukan bahan baku, penampung hasil rajangan serta corong pengeluaran hasil rajangan terbuat dari material plat stainless steel.

4.  Rangka Mesin

Rangka mesin dirancang dan dibuat untuk memperkuat struktur mesin secara keseluruhan. Seluruh bagian rangka mesin dibuat dari material besi dengan bentuk dan ukuran yang disesuaikan dengan kapasitas mesin perajang singkong (slicer).

5.  Motor Listrik

Motor listrik merupakan mesin penggerak yang berfungsi memutar unit pisau perajang, yang digerakkan dengan tenaga listrik. Mesin penggerak berupa motor listrik sangat praktis digunakan, suaranya tidak bising dan sesuai untuk digunakan dalam skala usaha rumah tangga. Tenaga dari dinamo diteruskan ke unit pisau perajang melalui pulley dan v-belt (sabuk karet). Pulley dibuat dari material besi, sedangkan v-belt terbuat dari material karet. Kecepatan putaran pisau perajang dapat diatur melalui penggunaan pulley dengan perbandingan ukuran yang tepat.