Info Mesin

Bisnis Keripik Sayur dan Buah, Semakin Hari Semakin Renyah

Apakah anda membutuhkan buah-buahan? Di Indonesia, anda tak perlu mencarinya dengan susah payah. Indonesia kaya akan buah dan sayur. Berlimpahnya buah dan sayur, terkadang menjadikannya memiliki nilai jual yang rendah. Sebagai contoh, kita bisa mendapatkan buah pepaya dengan berat 1 kg hanya seharga Rp. 2.000,00 – Rp. 3.000,00. Murah sekali bukan? Bahkan di daerah tertentu, banyak buah-buahan terbuang percuma dan membusuk, karena tidak termanfaatkan.

Salah satu cara untuk meningkatkan nilai jual buah dan sayur adalah dengan menjadikannya keripik sayur dan buah. Inilah peluang bisnis bagi anda. Dengan menjadikannya keripik, nilai jual buah dan sayur bisa berlipat-lipat. Sebagai gambaran, 1 kg keripik pepaya bisa dihargai Rp 65.000. Sementara keripik salak seharga Rp 90.000/ kg. Apalagi, jika kita memproses buah menjadi kripik, maka dia akan lebih tahan lama dan awet hingga berminggu-minggu. Bandingkan jika anda hanya menjual buah saja.

Peluang Bisnis Terbuka Lebar

Bicara soal bisnis, maka tak bisa terlepas dari peluang-peluang usaha. Kami yakin anda tidak akan berani melangkah ke bisnis ini sebelum melihat peluang sebelumnya. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis keripik sayur dan buah, semakin hari semakin renyah:

mesin-vacuum-fryer

  1. Bahan baku buah dan sayur yang melimpah, sehingga harga bahan baku akan murah.
  2. Proses pembuatan dan pengelolaan bisnis sangat mudah. Bila anda memiliki mesin vacuum frying, maka anda akan mampu menjalankan produksi dengan cepat.
  3. Keuntungan yang besar dan bisa diperoleh dengan cepat.
  4. Buah disukai banyak orang. Siapa yang tidak suka buah? Selama ini buah diawetkan dengan bahan pengawet. Tapi dengan digoreng, akan menghasilkan buah yang awet namun tanpa bahan pengawet. Tentu saja orang akan semakin suka.
  5. Pasar yang luas, anda bisa menjual kripik buah ini dimana saja. Anda bahkan bisa membentuk tim penjualan, mengumpulkan pedagang kaki lima dan asongan atau menitipkan produk anda di swalayan ataupun toko-toko makanan.
  6. Peluang eksport terbuka. Karena kripik ini lebih awet, tentu memungkinkan untuk dikirim ke manca negara.

 

Kunci Sukses

Ada beberapa kunci sukses di bisnis keripik buah dan sayur, yaitu:

1. Tampilan Produk Yang Menarik

Tampilan keripik Anda harus menarik, bersih, dan tidak gosong. Hal ini bergantung pada :

  • Pemilihan Bahan Yang Benar
  • Proses penggorengan yang benar
  • Menggunakan mesin vacuum frying berkualitas
  • Penyortiran dan quality control yang akurat

2. Kemasan Produk Anda Harus Profesional Dan Menarik

Bisa saja anda menjual kripik dalam bentuk kiloan, tapi ini hanya untuk konsumsi agen-agen penjualan. Selain dalam bentuk kiloan, anda juga perlu menjual dalam bentuk kemasan produk yang rapi.
Keripik BuahLabel yang menarik juga akan memikat hati para pembeli. Untuk keperluan toko-toko, anda bisa menyertakan kontak pemesanan di label kripik. Hal ini perlu, karena pembeli yang tertarik bisa dengan mudah menghubungi anda untuk memesan produk serupa.

Sangat dianjurkan untuk memilih kemasan transparant agar tampilan kripik yang sudah menarik ikut mengundang selera calon pembeli. Misalnya menyertakan toples-toples besar transparant jika hendak menitipkan ke toko-toko kecil.

3. Memilih Metode Pemasaran

Anda bisa memasarkan kripik buah menggunakan cara-cara berikut :

  • Membentuk agen penjualan yang akan memasarkan produk-produk anda ke toko-toko kecil, pedagang kaki lima dan pedagang asongan.
  • Bekerjasama dengan toko-toko makanan atau restaurant dengan menyuplai produk kripik anda.
  • Bekerjasama dengan katering-katering
  • Merintis peluang ekspor jika produk yang anda hasilkan cukup banyak.

Aneka Mesin  memproduksi mesin vacuum frying, mesin untuk membuat kripik buah dan kripik sayur dengan beberapa kapasitas yaitu kapasitas 7 kg dan 12kg . Untuk setiap pembelian mesin vacuum frying mendapat bonus mesin peniris minyak (spiner) dan hand sealer.

Selamat menjalankan usaha pengolahan kripik buah dan sayur. Salam sukses.