Cara Menggoreng Dengan Mesin Vacuum Frying

Sebagai negara tropis, banyak buah dan sayuran asli yang bisa tumbuh di Indonesia. Pada saat  musim panen kebanyakan buah dan sayuran itu dijual dalam bentuk buah atau sayuran segar, sehingga harga jual sangat tergantung pada kondisi kesegaran buah atau sayuran tersebut. Tentunya dengan kondisi buah atau sayuran yang masih segar harga jualnya akan baik, tetapi jika kondisinya sudah layu, maka harga jual akan turun bahkan banyak yang dibuang karena sudah busuk. Untuk mengatasi hal ini, buah atau sayuran tersebut harus diolah dan dibuat produk lain untuk mendapatkan nilai tambah dan lebih awet.

buah sayur Telp: 0274-6945660Sebagai solusi untuk menjawab permasalahan ini adalah dengan mesin vacuum frying. Apa itu mesin vacuum frying?

Mesin vacuum frying adalah mesin yang berfungsi untuk memproduksi keripik buah maupun keripik sayur dengan cara melakukan penggorengan secara vacuum tanpa merubah rasa buah tersebut dan memperpanjang masa buah itu untuk dikonsumsi.

Buah dan sayuran apa saja yang bisa digoreng dengan mesin vacuum frying?

Hampir semua buah yang tumbuh di negara kita bisa kita buat menjadi keripik buah dengan mesin ini. Karena mesin pengolah makanan ini mampu memproduksi berbagai jenis keripik buah seperti keripik mangga, keripik melon, keripik semangka, keripik apel, keripik nangka, keripik papaya, keripik salak, keripik jamur, keripik rambutan, keripik jambu, keripik pisang, keripik cempedak dan lain sebagainya. Untuk sayuran yang bisa diolah menjadi keripik dengan vacuum frying adalah wortel, buncis, kacang panjang, terong dan lain sebagainya.

Bagaimana prinsip dasar dari menggoreng dengan vacuum frying?

Secara teknis, cara menggoreng dengan mesin vacuum frying ini sebagai berikut:

  • Bahan yang dimasukkan ke dalam penggorengan vacuum akan digoreng secara vacuum. Penggorengan secara vacuum ini akan membuat kadar air di dalam buah atau sayuran akan dikeluarkan dan digantikan oleh minyak. Dengan suhu penggorengan rata-rata yang digunakan berkisar 80-90 derajat Celsius dan tekanan bisa mencapai 76 cmhg, dengan lama penggorengan antara 45 menit sampai 60 menit (perlakuan ini tergantung jenis dan karakteristik buah atau sayuran). Karena setiap buah memiliki kadar air dan tekstur daging buah yang berbeda. Karena penggorengan dengan mesin Vacuum Frying ini bisa menurunkan titik didih di bawah 90 derajat celcius, maka hasil kripik tidak akan sampai gosong.
  • Untuk menggoreng dibutuhkan minyak goreng sekitar 75 liter. Dengan adanya penurunan titik didih di bawah 90 derajat celsius pada penggorengan maka struktur kandungan minyak goreng tidak cepat rusak, sehingga minyak goreng  bisa digunakan untuk menggoreng kripik hingga mencapai 100 kali penggorengan. Dengan demikian bisa menghemat penggunaan minyak goreng.vaccum frying Telp: 0274-6945660
  • Untuk hasil yang terbaik sebaiknya menggunakan minyak goreng yang bermerk dan jernih, karena minyak goreng yang kualitasnya rendah akan mempengaruhi  warna dan aroma kripik buah. Buah atau sayuran yang dibuat dengan mesin vacuum frying bisa bertahan untuk layak konsumsi hingga setengah tahun, dan ini juga tergantung kualitas akan kemasannya.

Sebagai penyedia dan produsen mesin produksi untuk skala UMKM, Aneka Mesin  memproduksi mesin vacuum frying, mesin untuk membuat kripik buah dan kripik sayur dengan beberapa kapasitas. Untuk setiap pembelian mesin vacuum frying mendapat bonus mesin peniris minyak (spiner) dan handsealer. Kami juga melengkapi penjualan mesin vacuum frying dengan manual guide serta traning gratis (di luar akomodasi).

Selamat menjalankan usaha pengolahan kripik buah dan sayur. Salam sukses.

 

Sumber Gambar:
http://3.bp.blogspot.com/-ZzGHa6WjSpQ/Ty4UrBzq-kI/AAAAAAAAAKQ/a-cTR5ZCM9c/s1600/sayuran1.jpg