7 Keuntungan Membeli Mesin di AnekaMesin.com Detail

  • Jaminan 100% Uang Kembali
  • Memproduksi Mesin Sesuai Kebutuhan Anda
  • Produk Berkualitas dan Handal
  • Menggunakan Bahan Baku Berkualitas
  • Tenaga Ahli Mesin Yang Profesional
  • Pelatihan Mesin Gratis
  • Layanan Purna Jual
Anda Membutuhkan Mesin ? Silahkan cari di Tempat Kami !
Cara Pengolahan Rumput Laut
Cara Pengolahan Rumput Laut
Call Center: 0274 6945 660

Cara Pengolahan Rumput Laut

Rev. : 26-07-2012

Rumput LautUsaha budidaya rumput laut dengan produk turunannya telah banyak dilakukan di beberapa wilayah pesisir pantai Indonesia. Seandainya usaha ini dilakukan dengan benar, termasuk di dalamnya menggunakan mesin-mesin teknologi tepat guna, maka industri rumput laut ini berpotensi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. Rumput laut merupakan penghasil karaginan yang banyak digunakan untuk bahan industri makanan,  minuman, farmasi, keramik, tekstil dan kosmetik.

Usaha pengolahan rumput laut ini sayangnya masih dikelola secara sederhana oleh sebagian masyarakat. Mereka masih mengandalkan penjualan rumput laut dalam bentuk rumput laut kering. Hal ini terjadi karena di dalam negeri industri pengolahan rumput laut menjadi karaginan atau karaginan semi murni belum banyak berkembang. Sehingga harga jual rumput laut dari petani rumput laut dipasaran rendah karena belum adanya diversifikasi produk .

Berikut ini adalah cara pengolahan rumput laut yang bisa dilakukan agar bisa meningkatkan nilai produk rumput laut.

Alkali Treatment Carrageenan (ATC)

Proses pengolahan rumput laut menjadi karaginan/ semi refained carrageenan sebetulnya sangat sederhana. Proses ini dapat dilakukan dengan cara merebus rumput laut ke dalam larutam garam alkali pada suhu 80 – 85⁰C selama 2 – 3 jam. Untuk merendam rumput laut jenis Eucheuma spinosum menggunakan alkali NaOH, sedangkan untuk jenis Eucheuma cottonii menggunakan alkali KOH. Setelah itu rumput laut dinetralkan/ dicuci. Proses perendaman dalam larutan alkali ini bertujuan untuk meningkatkan titik leleh karaginan di atas suhu pemasaknya sehingga tidak larut menjadi pasta dan untuk meningkatkan kekuatan gel dari karaginan tersebut.

Semi Refined Carrageenan (SRC)

1. Proses Produksi SRC Chips

Setelah melalui proses perendaman dalam larutan alkali rumput laut jenis E. cottonii dinetralkan dengan air tawar. Selanjutnya dipotong dengan ukuran 2 – 4 cm. Setelah berbentuk chips dilanjutkan dengan proses pengeringan dan rumput laut siap untuk dikemas. Hasil pengolahan ini berbentuk chips kering yang disebut dengan Alkali Treated Cottonii (ATC).

2. Proses Produksi SRC Flour

Tepung Rumput LautProses SRC flour merupakan kelanjutan produk SRC chips untuk jenis rumput laut Euchuma spinosum. Caranya dengan menghancurkan/ menepung produk chips menjadi tepung dengan ukuran 40 – 60 mesh, sesuai dengan permintan pasar. Produk SRC flour dapat digunakan dalam industri makanan, minuman (food grade) maupun industri lainnya (non food grade). Khusus untuk SRC flour food grade proses pengeringan diharuskan menggunakan mesin pengering untuk mencegah kontaminasi dengan udara terbuka.

Dengan mengolah rumput laut menjadi produk karaginan diharapkan nilai jual hasil olahan rumput laut dari petani rumput laut meningkat. Meningkatnya nilai jual akan meningkat pula pendapatan petani rumput laut sehingga akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat pesisir pantai.

Sebagai produsen mesin-mesin teknologi tepat guna, AnekaMesin juga memproduksi mesin pengolah rumput laut. Mulai dari mesin pencuci rumput laut, mesin peniris, mesin perendam, mesin perajang, mesin pengering sampai mesin penepung. Untuk informasi lebih lanjut hubungi marketing kami, kami akan segera merespon permintaan anda.

Tersedia
Cara Pengolahan Rumput Laut

Rumput Laut



HUBUNGI :

  • 081 227 799 912      085 743 366 688
  • 085 227 746 362     087 891 202 010
  • Telp:(0274) 6945 660 / Fax:(0274) 869 720
  • support@anekamesin.com
  • Metode pembayaran

Hati-hati!
Jangan Salah Beli Mesin!

Baca Tips Memilih Mesin

  1. Captcha
 

cforms contact form by delicious:days

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
  • 081 227 799 912
  • 085 743 366 688
  • 085 227 746 362
  • 087 891 202 010
  • Telp:(0274) 6945 660 / Fax:(0274) 869 720
  • support@anekamesin.com