Memanfaatkan Sampah Plastik Menjadi Energi

Setiap tahun produksi plastik menghasilkan sekitar delapan persen hasil produksi minyak dunia atau sekitar 12 juta barel minyak atau setara 14 juta pohon. Lebih dari satu juta kantong plastik digunakan setiap menitnya, dan 50 persen dari kantong plastik tersebut dipakai hanya sekali lalu langsung dibuang. Dari angka tersebut, hanya sekitar lima persen yang benar-benar di daur ulang. Berdasarkan data tersebut, maka Memanfaatkan sampah plastik menjadi energi merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan.

MEMANFAATKAN SAMPAH PLASTIK MENJADI ENERGI

Sampah plastik yang tidak mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti kantong plastik, plastik bungkus makanan, botol-botol plastik minuman,label kemasan, dan limbah plastik lainnya dapat dimanfaatkan menjadi energi.

Dengan metode pirolisis kita dapat mengkonversi sampah plastik menjadi bahan bakar. Langkah untuk mengurangi sampah plastik tidak hanya diet penggunaan kantong plastik tapi juga memanfaatkan sampah plastik yang ada menjadi sesuatu yang bermanfaat. Selain itu, dapat menjadi solusi dalam menyediakan sumber energi alternatif.