Mengoptimalkan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar

Keberadaan Unit Pengolahan Sampah seperti TPS, TPST 3R, KSM, Bank Sampah, dan unit pengolah sampah lainnya terus ditingkatkan jumlahnya. Dengan bertambahnya unit pengoah sampah yang ada diharapkan mampu mengolah sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat. Salah satu contohnya adalah mengoptimalkan sampah plastik menjadi bahan bakar. Beberapa contoh sampah yang dapat didaur ulang adalah sebagai berikut :

  1. Sampah organik dapat diolah menjadi pupuk kompos
  2. Sampah plastik yang mempunyai nilai ekonomis tinggi seperti gelas dan botol air mineral dapat diolah menjadi biji plastik
  3. Limbah plastik yang tidak laku dijual dan kalaupun dijual harganya sangat murah seperti katong keresek, bungkus makanan, botol minuman, label kemasan, tutup botol, dan limbah plastik lainnya dapat diolah menjadi bahan bakar. Dengan mesin pirolisis plastik, limbah plastik yang tidak bernilai ekonomis dapat menjadi produk yang bermanfaat.

MESIN PENGOLAH SAMPAH PLASTIK JADI BBM

 

Selama ini sampah plastik menjadi sesuatu yang sangat menakutkan. Karena jenis sampah seperti ini tidak mudah terurai dan dapat merusak lingkungn. Dengan teknologi yang tepat kita dapat mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual tinggi. Sampah tidak lagi menjadi momok yang menakutkan jika kita dapat mengolah dengan optimal. Tersedianya berbagai teknologi pengolahan sampah bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke TPA. Sehingga sampah yang dibuang ke TPA hanya limbah residu yang tidak dapat diolah menjadi produk yang bermanfaat.