Artikel

Komponen Utama Mesin Mixer Alat Produksi Pupuk Kompos

pembuatan pupuk kompos

Pelaku usaha pupuk kompos atau pun pupuk kandang, pemanfaatan teknologi mesin untuk proses pengolahan bahan baku merupakan suatu hal yang perlu diterapkan untuk menunjang kapasitas produksi yang diinginkan. Dalam alur kerja proses pengolahan pupuk kompos salah satu mesin yang digunakan adalah mesin mixer kompos horizontal.

Mesin pengaduk kompos atau mesin mixer kompos horizontal berfungsi untuk mengaduk olahan adonan bahan baku pupuk kompos. Pada pengolahan kompos skala kecil mungkin cukup menggunakan tenaga manusia. Akan tetapi, untuk pengolahan dalam jumlah yang besar tidak memungkinkan menggunakan tenaga manusia sehingga diperlukan alat bantu mesin seperti mesin pengaduk bahan kompos. Untuk lebih kegunaan mesin, silahkan kunjungi artikel Manfaat mesin mixer kompos dalam pembuatan kompos.

Secara sederhana system kerja mesin pengaduk kompos sama halnya dengan mesin mixer untuk adonan roti. Komponen utama mesin mixer kompos horizontal terdiri dari tiga bagian adalah sebagai berikut :

1. Tabung pengolahan : 

Tabung pengolahan standarnya terbuat dari material plat besi atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain material mild steel bisa juga menggunakan material stainless steel.

2. Pengaduk

Material pengaduk biasanya menggunakan besi atau bisa juga menggunakan material stainless steel.

3. Mesin penggerak motor

Penggerak mesin pengaduk kompos menggunakan mesin diesel atau motor listrik disesuaikan dengan kebutuhan. Penggunaan mesin di tempat yang tidak tersedia sambungan listrik, maka akan menggunakan penggerak mesin diesel. Jika operasional mesin dekat dengan pemukiman atau ketersediaan listrik cukup memadai maka, menggunakan motor listrik atau dinamo. Untuk memudahkan dalam memahami mesin mixer kompos, Anda bisa membaca ulasan kami spesifikasi mesin mixer kompos horizontal.

Sebelum membeli mesin mixer kompos ada baiknya Anda membaca artikel Tips dan Trik Memilih Mesin Pencampur Kompos. Dalam membuat pupuk kompos Anda juga dapat menggunakan mesin pengolah sampah lainnya seperti mesin pencacah sampah organik, mesin pengayak kompos, dan mesin lainnya.