Mesin Packing Lengkap Terbaru – Mesin Pengemas Otomatis

Date coding atau yang biasa disebut dengan mesin pencetak tanggal kadaluarsa adalah sebuah alat yang terdapat pada berbagai aneka mesin pengemas otomatis. Fungsinya adalah untuk mencetak waktu kapan sebuah produk itu layak untuk dikonsumsi. Biasanya yang ditulis adalah tanggal, bulan, dan tahun dan dicetak dengan sablon berwarna hitam.

Selain dari pada untuk mencetak tanggal atau waktu kadaluarsa, bisa juga dipakai untuk mencetak tanggal atau waktu produksi dari produk tersebut. Hal itu memudahkan dalam pendataan produk yang dipasarkan. Supaya bisa dipilah pilih saat proses output barang.

Karena tidak semua kebutuhan akan mesin pengemas harus menggunakan tanggal kadaluarsa ini. Karena dalam prakteknya pemakaian tanggal kadaluarsa ini didasari dari produk yang akan dikemas. Selain dari kebutuhan pangan, tanggal kadaluarsa hampir tidak pernah disematkan disebuah mesin pengemas.

Namun untuk kode produksi pastinya sangat penting untuk disematkan. Minimal memberikan tanda kapan waktu produk tersebut diproduksi. Dengan begitu pendataan diinternal perusahaan jadi lebih dimudahkan.

Date coding pada aneka mesin pengemas memberi nilai tambah

Penyematan tanggal kadaluarsa memberi nilai tambah pada kemasan pangan, karena masyarkat menjadi lebih percaya dan cenderung tidak takut terhadap masa kelayakan sebuah produk yang dikonsumsi. Beberapa produk pangan yang biasa disematkan tanggal kadaluarsa adalah :

1. Kopi sachet murni & campur

2. Gula sachet / gula stick

3. Gula kemasan 1000gram

4. Susu bubuk sachet

5. Bumbu masakan

6. Kecap atau saos scahet

7. Madu sachet, dll.

Produk diatas adalah beberapa produk pangan yang biasa dikemas dengan mesin pengemas otomatis dan menggunakan mesin date coding. Dimana selain dari produk diatas, pastsinya masih banyak produk-produk pangan yang harusnya disematkan tanggal masa kelayakannya. Karena hal tersebut sangatlah penting, terlebih untuk produk pangan.

Date coding menunjukan kualitas produk pangan pelaku usaha

Lalu, seberapa penting sih sebenarnya penggunaan akan mesin date coding ini dalam mesin pengemas? Tidak dapat dipungkiri jika dilihat dari sisi konsumen, konsumen akan sangat jauh lebih senang jika produk pangan yang mereka beli memiliki waktu kelayakannya.

Semakin banyaknya informasi yang disematkan pada kemasan pangan, salah satunya itu adalah tanggal kadaluarsa. Akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang dipasarkan. Karena dengan begitu tingkat penjualan akan ada potensi terdongkrak lebih baik.

Hal yang sama pastinya juga akan diterima oleh para pelaku usaha pangan, karena dengan menyematkan waktu kelayakan sebuah produk, bisa dikatakan produk yang dijual memiliki kualitas yang terjamin. Dengan begitu juga produk akan mudah untuk dijual diberbagai tempat penjualan. Tidak hanya toko atau pasar tradisional saja. Namun juga bisa dijual diberbagai market – market modern.

Seperti minimarket, dan juga swalayan besar. Jadi penyematan tanggal kadaluarsa dengan mesin date coding memang sangat memberikan manfaat pada produk yang dijajakan. Dan membuat konsumen juga semakin percaya pada produk yang ada dipasaran.

Kesimpulannya menyematkan waktu kadaluarsa pada kemasan produk pangan merupakan hal yang wajib dilakukan, karena dengan hal tersebutlah rasa kepercayaan masyarakat jadi meningkat. Dan penggunaan mesin date coding pada sebuah kemasan hanya bisa dilakukan dengan menggunakan mesin pengemas otomatis.

Semoga dengan ulasan singkat ini memberikan informasi penting bagi para pembaca dan pelaku usaha mengenai betapa pentingnya menyematkan waktu kelayakan pada sebuah produk pangan. Supaya memberikan kenyamanan sendiri dan sekitar sebagai bahan informasi terhadap kualitas sebuah produk. Terimakasih..

Tinggalkan komentar