Info Mesin, Mesin Industri UKM, Mesin Pengolah Makanan, Mesin Pertanian

Bagian-Bagian Mesin Cabinet Dryer

Cabinet Dryer

Cabinet Dryer Untuk memudahkan dalam menggunakan mesin cabinet dryer, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagian-bagian utama mesin cabinet dryer.

Bagian-bagian utama mesin cabinet dryer sebagai berikut :

1.  Nampan Bahan Baku  

Nampan bahan baku mesin cabinet dryer terbuat dari bahan plat mild steel atau stainless steel tergantung dari bahan baku yang akan dikeringkan. Jika bahan baku yang akan dikeringkan berupa makanan, maka harus menggunakan bahan stainless steel. Nampan bahan baku berfungsi sebagai tempat/wadah untuk meletakkan bahan baku yang akan dikeringkan

2.  Rangka Mesin

Rangka mesin cabinet dryer didesain berbentuk persegi empat yang kokoh seperti lemari yang dilengkapi dengan penutup. Rangka mesin cabinet dryer terbuat dari bahan stainless steel dan atau mild steel untuk plat yang berhubungan langsung dengan sumber pemanas jika menggunakan system pemanas langsung. Rangka mesin cabinet dryer juga dilengkapi dengan roda untuk memudahkan mobilisasi mesin.

3.  Rak Mesin

Rak mesin berfungsi sebagai tempat meletakkan nampan bahan baku yang akan dikeringkan. Semakin banyak dan lebar rak mesin, maka semakin besar kapasitas mesin.

4.  Panel Kontrol

Panel kontrol berfungsi untuk mengontrol suhu secara otomatis

5.  Kompor

Kompor berfungsi sebagai sumber pemanas mesin. Kompor yang digunakan bisa high pressure atau low pressure sesuai dengan kebutuhan mesin

6.  Blower Masuk  

Blower masuk berfungsi untuk memasukkan udara kering ke dalam mesin cabinet dryer

7.  Blower Keluar

Blower keluar berfungsi untuk mengeluarkan udara lembab dari mesin