Info Mesin, Mesin Industri UKM, Mesin Pertanian

Bagian-Bagian Mesin Pencacah Kompos

Mesin Sampah Organik

Mesin Pencacah Sampah Organik Setelah sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mudah pembuatan kompos, yang mana salah satu cara untuk mempermudah proses pengomposan bahan adalah dengan mencacah bahan organik yang akan dijadikan kompos. Untuk mencacah bahan kompos bisa dilakukan dengan sistem manual atau dengan menggunakan bantuan peralatan seperti mesin pencacah kompos, mesin pengayak komposmesin mixer kompos,dll. Nah pada tulisan ini, kami akan menjelaskan mengenai bagian-bagian utama mesin pencacah kompos.

Bagian-bagian mesin pencacah kompos adalah sebagai berikut :

  • Corong Pemasukan

Corong pemasukan mesin pencacah kompos terbuat dari bahan plat mild steel. Corong pemasukan berfungsi sebagai tempat memasukkan bahan baku organik yang akan dicacah.

  • Tabung Pencacah

Tabung pencacah dibuat tertutup yang terbuat dari bahan plat mild steel. Tabung pencacah berfungsi untuk tempat pencacahan dan sebagai dudukan pisau diam, serta untuk mengarahkan hasil cacahan mesin pencacah kompos keluar menuju corong pengeluaran.

  • Pisau Pencacah

Bahan pisau pencacah terbuat dari bahan besi baja yang keraskan. Jumlah pisau pencacah yang digunakan tergantung dari besar kecilnya kapasitas mesin pencacah kompos. Pisau pencacah didesain bersifat knock down. Jadi memungkinkan untuk melakukan penggantian part pisau jika diperlukan.

  • Rangka Mesin

Rangka mesin pencacah kompos terbuat dari bahan besi siku, didesain berbentuk persegi empat yang kokoh, sehingga pada saat mesin dihidupkan dengan RPM yang tinggi sekalipun, mesin pencacah kompos tidak mudah bergeser. Rangka mesin pencacah kompos juga dilengkapi dengan roda untuk memudahkan mobilisasi mesin.

  • Penggerak Diesel atau Motor  Listrik

Penggerak berfungsi sebagai sumber penggerak mesin pencacah kompos. Penggunaan penggerak diesel maupun motor listrik sangat tergantung dari kebutuhan pengguna. Jika mesin pencacah kompos akan di tempatkan di area pemukiman penduduk, ada baiknya menggunakan penggerak motor listrik untuk mengurangi kebisingan. Demikian halnya jika mesin pencacah kompos dioperasikan di daerah yang jauh dari pemukiman penduduk dan kesulitan listrik, maka bisa menggunakan penggerak diesel. Adapun daya motor listrik yang digunakan mulai dari 5 HP sampai dengan 10 HP disesuaikan dengan kapasitas mesin. Penggerak diesel mulai 8 HP sampai dengan 13 HP.

  • Corong Pengeluaran

Corong pengeluaran mesin pencacah kompos terbuat dari bahan plat mild steel. Corong pengeluaran berfungsi untuk mengarahkan hasil cacahan, sehingga mempermudah menampung hasil cacahan.