Info Mesin, Mesin Industri UKM, Mesin Pengolah Makanan

Cara Kerja Alat Presto

Alat Pemasak Presto

Memasak dengan cara dikukus ( menggunakan uap panas ) dapat mempersingkat waktu pemasakan jika dibandingkan pemasakan dengan metode kering. Uap panas berfungsi sangat baik dalam memindahkan panas ke dalam bahan makanan selama berlangsungnya proses pemasakan, tanpa menghanguskan atau merusak hasil masakan serta membutuhkan energi yang lebih rendah jika dihitung berdasarkan penggunaan energi listrik atau gas. Berdasarkan keunggulan tersebut , uap panas dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis bahan makanan seperti sayur maupun daging, baik dalam kondisi segar maupun beku.

Pemasak PrestoPeningkatan tekanan di dalam alat presto akan memperlambat proses pendidihan air, sehingga air bisa mencapai suhu melebihi titik didih normal. Berdasarkan fakta tersebut, maka proses pemasakan makanan dengan presto menjadi lebih cepat. Cara kerja alat presto  adalah dengan menghasilkan tekanan dari uap air di dalam alat presto yang berlangsung pada saat proses pemasakan makanan pada suhu tinggi. Pemasakan dengan presto dapat mempersingkat waktu hingga dua per tiga dan juga bisa menjaga nutrisi dan menjaga kelembaban makanan.

Alat presto menghasilkan tekanan dalam ruangan tertutup sehingga menekan uap air tersebut masuk ke dalam makanan untuk menghasilkan efek transfer panas. Ketika alat presto yang ditutup rapat + dipanaskan dalam suhu tinggi, tekanan uap air akan meningkat dan suhu akan naik. Pemasakan dengan metode presto akan terjadi dalam suhu ± 125oC dan pada tekanan  5 – 10 psi ( pada alat presto bertekenan rendah s/d sedang ) atau  15 psi ( pada alat presto bertekanan tinggi ). Dalam kondisi tekanan tinggi, serat pada makanan akan dilunakkan dan rasa makanan akan meresap dengan cepat.

Pada saat ini, banyak orang yang tertarik pada metode memasak menggunakan presto untuk membuat makanan sehat  dan cepat. Banyak orang beralih ke metode presto karena keunggulan metode tersebut untuk memasak beberapa jenis makanan yang berbeda. Metode memasak masa kini menuntut proses pemasakan yang cepat tanpa kehilangan nutrisi terlalu banyak, jika dibandingkan dengan pemasakan dengan menggunakan panci biasa. Sudah siapkah anda memasak dengan metode presto?