Info Mesin, Mesin Industri UKM, Mesin Pertanian

Cara Kerja Sederhana Mesin Pengayak Kompos

Mesin Pengayak Kompos

Mesin Pengayak Pupuk Organik Mesin  pengayak kompos dalam penggunaannya secara umum hampir sama dengan cara kerja mesin pencacah kompos yang biasanya terbagi dalam tiga bagian yaitu corong masukan (input bahan baku), mesin utama pengolah, dan corong keluaran (output bahan baku). Bedanya, jika pada mesin pencacah kompos kita tidak bisa melihat proses pencacahan yang dilakukan oleh mesin, maka dalam mesin pengayak kompos kita dapat melihat proses ayakan bahan baku kompos karena badan utama ayakan terbuat dari kasa screen, tidak terbalut penutup plat besi seperti pada badan utama mesin pencacah kompos. Satu hal lagi yang membedakan antara mesin pencacah kompos dengan mesin pengayak kompos adalah corong keluaran. Jika dalam mesin pencacah kompos hanya mempunyai satu corong keluaran maka dalam mesin pengayak kompos mempunyai dua corong keluaran. Satu untuk keluaran hasil ayakan dan satunya lagi untuk bahan baku kompos yang tidak lolos ayakan.

Secara sederhana cara kerja mesin pengayak kompos dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan baku kompos yang telah di cacah dan dihancurkan.
  2. Siapkan tempat atau wadah penampungan untuk hasil ayakan dan satu lagi untuk bahan baku yang tidak lolos hasil ayakan.
  3. Hidupkan mesin pengayak kompos.
  4. Masukkan bahan baku kompos yang telah dicacah dan dihancurkan secara bertahap. Pastikan dalam bahan baku kompos tersebut tidak tercampur dengan benda – benda keras atau padat.
  5. Jika telah selesai semua proses pengayakan, segera matikan mesin pengayak kompos.

Selesai sudah proses pengayakan bahan baku kompos dan hasil ayakan ini bisa langsung dilanjutkan ke tahap berikutnya, masuk ke mesin pengaduk kompos atau Mixer kompos.