Info Mesin

Cara Menggoreng Buah Dengan Mesin Vacuum Frying Untuk Hasil Terbaik

Hampir semua buah yang tumbuh di negara kita bisa dibuat kripik buah dengan mesin vacuum frying. Buah-buahan tersebut antara lain apel, mangga, melon, nanas, nangka, pepaya, salak, rambutan, semangka, jambu biji, pisang, durian, sawo, cempedak dan lain sebagainya. Karena setiap  buah mempunyai karakteristik berbeda (kandungan air dan tekstur buahnya), maka perlakuan dalam proses dengan menggunakan mesin vacuum frying pada buah tersebut berbeda pula. Dimana setiap buah memiliki suhu, tekanan dan waktu penggorengan yang berbeda jika digoreng hampa.

Ada beberapa buah untuk hasil keripik terbaik dengan kondisi dan tekanan tertentu, cara menggoreng dengan mesin vacuum frying pada kondisi yang baik adalah pada suhu 90⁰C dan tekanan 70cmHG dengan lama penggorengan 60 m atau satu jam. Menurut Paramita (1999) dalam judul penelitiannya, ‘Pengaruh Suhu dan Waktu Penggorengan Hampa Terhadap Sifat Fisik dan Organoleptik Keripik Sawo (Achras Sapota)’, disimpulkan bahwa keripik sawo terbaik diperoleh pada penggorengan hampa dengan suhu 95⁰C, tekanan 65 cmHg dan waktu penggorengan selama 40 menit.

mesin-vacuum-fryerUntuk keripik pisang menurut Wijayanti (2011) dalam judul penelitiannya ‘Kajian Rekayasa Proses Penggorengan Hampa dan Kelayakan Usaha Produksi Keripik Pisang’, disimpulkan kondisi yang terbaik pada suhu 80⁰C dengan tekanan 70 cmHg dan lama penggorengan vakum selama 60 menit. Sedangkan untuk keripik mangga untuk kondisi terbaik pada suhu 85⁰C tekanan 70 cmHg dan lama penggorengan vakum 35 menit.

Untuk pembuatan keripik jamur tiram dengan sistem vakum pada vacuum frying, dari hasil penelitian, didapatkan kondisi yang baik pada penggorengan vakum disuhu 105⁰C tekanan 70 cmHg dan lama pengorengan 15 menit. Sedangkan untuk keripik cempedak kondisi terbaik pada penggorengan vakum pada suhu 90⁰ tekanan 70 cmHg dan lama penggorengan 30 menit.Sedangkan untuk keripik durian kondisi terbaik pada suhu 75⁰ tekanan 70 cmHg dan lama penggorengan vakum 85 menit.

Demikian hasil dari beberapa uji coba mengenai buah dan skala minimal mesin vacuum frying untuk hasil terbaik. Seperti telah disampaikan di atas bahwa karakteristik setiap buah berbeda, sehingga perlakuan proses penggorengan vakumnya berbeda pada kondisi suhu, tekanan dan lama penggorengannya. Sehingga dengan kita mengetahui kondisi yang terbaik pada masing-masing perlakuannya maka akan didapat efesiensi waktu dan biaya operasionalnya.

Aneka Mesin  memproduksi mesin vacuum fryer, mesin untuk membuat kripik buah dan kripik sayur dengan beberapa kapasitas sesuai dengan kebutuhan anda yaitu kapasitas 7 kg dan 12kg . Untuk setiap pembelian mesin vacuum frying mendapatkan mesin peniris minyak (spiner) dan hand sealer.