Artikel

Fungsi Filter Press Dalam Berbagai Industri

filter press

Mesin filter press merupakan salah satu mesin yang sering digunakan pada berbagai industri. Beberapa industri yang menggunakan filter press antara lain : industri kimia, industri farmasi, industri makanan dan minuman, dan industri lainnya. Sebelum membeli filter press, sebaiknya anda mengetahui kegunaan filter press. Fungsi filter press adalah memisahkan dua fase yang berbeda dengan proses filtrasi dengan menggunakan tekanan angin dan filter cloth. Cairan yang akan dipisahkan dari fase slurry dipompakan ke dalam filter press melewati selaput membrane. Sludge akan tertinggal pada cloth, sedangkan liquid atau cairan yang kita inginkan akan tersaring , kemudian keluar melalui pipa kapiler yang terhubung dengan filter cloth.

Untuk lebih mengenal mesin filter press. Berikut ini beberapa fungsi filter press antara lain :

1. Filtrasi

Filter press, sesuai dengan namanya bisa menyaring kotoran ataupun sludge yang masuk sehingga berkumpul menjadi kumpulan lumpur yang lebih kental konsentrasinya. Dalam proses ini, air yang bersih atau lebih sedikit mengandung pengtor lumpur akan keluar melalui jalur pemipaan.

2. Cake Forming

Proses penekanan lumpur dilakukan secara bertahap, kemudian akan terbentuk cake yang homogen di dalam filter plate. Ketika filter plate yang pertama sudah penuh maka, proses cake forming akan dilakukan ke filter plate berikutnya

3. Dewatering

Menggunakan bantuan kompressor, angin akan dipompakan memasuki rongga-rongga filter plate untuk membuat cake yang sudah terbentuk berkurang kadar airnya.

 

Demikian ulasan mesin mengenai fungsi filter press. Informasi mengenai mesin filter press lainnya, silahkan kunjungi artikel bagian bagian filter press.