Artikel

Gula Aren Dikemas Modern Menambah Daya Tarik

Gula semut

Gula bisa dibilang sebuah kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia. Ditemukan sudah lebih dari ribuan tahun lalu, gula semakin berevolusi pada masa ke masa. Pada masa awalnya, gula bahkan dikenal sebagai emas putih karena memberikan keuntungan yang besar. Gula biasanya digunakan untuk campuran minuman dan makanan untuk memberi rasa manis. Peranan gula yang sangat besar untuk memberi rasa pada minuman dan makanan. Hal ini menyebabkan pertumbuhannya yang begitu pesat. Tidak hanya permintaannya yang banyak, tetapi evolusi gula juga semakin banyak. Salah satunya Gula Aren. Gula satu ini juga menarik perhatiannya karena berbeda dengan gula pasir. Pada umumnya gula ini dicampur untuk menambah kenikmatan sebuah adonan kue. Akan tetapi tetap bisa diaplikasikan untuk minuman dan makanan yang lain. Keragaman kegunaan gula aren inilah yang menigkatkan popularitasnya. Selain itu, gula aren yang dikemas modern dapat menambah daya tarik.

Pertumbuhan Gula Aren ini ditandai berbagai macam kemasan yang dipakai dalam penjualan. Semakin bervariasi dan semakin inovatif untuk menarik minat pembeli. Seperti contoh, ada yang dijual per kg, ada yang dijual sachet dan ada juga yang dijual dengan kemasan stick. Hal ini menunjukan pasar semakin banyak membutuhkan gula aren. Dengan kemasan yang berbeda-beda pasti memiliki pasar yang berbeda pula. Sebagai contoh apabila dikemas per kg biasanya didistribusikan untuk grosir. Sedangkan sachet dan stick, biasanya digunakan untuk acara-acara pesta ataupun lebih sering kita lihat di hotel. Mengemas dengan cara berbeda-beda pasti memiliki tingkat kesulitan berbeda-beda. Kecepatan penyediaannya pun berbeda-beda pula. Asumsi seperti ini menunjukan bahwa ketika permintaan naik maka akan meningkatkan kinerja untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Peningkatan permintaan seperti ini bisa ditanggulangi dengan adanya mesin pengemas gula otomatis. Dengan adanya mesin pengemas seperti ini dapat meningkatkan jumlah produksi secara signifikan dan tingkat keakuratan kemasan pun juga stabil. Mesikpun jumlah produksi meningkatkan, hal ini tidak mengurangi kualitas baik gulanya sendiri ataupun kemasannya. Dengan mesin pengemas juga dapat menambah kreasi dan inovasi. Karena sekalipun kualitas gula yang baik tanpa dibarengi dengan packaging yang menarik tentu sangat disayangkan.