Artikel

Kenali Hubungan Kemasan Produk Dan Mesin Pengemas Otomatis

Dalam membeli mesin pengemas otomatis pastinya tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya plastik kemasan. Dimana plastik kemasan yang dipakai untuk mesin tersebut berbeda dengan plastik-plastik lainnya. Perbedaan yang paling terlihat adalah dalam hal bentuk kemasan yang berbentuk roll.

Selain dari bentuknya, perbedaan lainnya ada pada spesifikasi dari kemasan yang digunakan, yaitu terkait dengan lapisan plastik. Sebagai contoh untuk plastik biasa hanya menggunakan satu lapis, berbeda jika plastik untuk mesin pengemas, plastik yang digunakan memiliki beberapa lapisan. Hal ini dikarenakan pada mesin tersebut terdapat pemanas yang berfungsi sebagai perekat plastik kemasan.

Memperhatikan ukuran kemasan sangat penting

Setiap pembelian mesin memperhatikan kemasan yang digunakan adalah hal utama. Selain dari material kemasan yang digunakan, ukuran kemasan sangat mempengaruhi dari spesifikasi dari mesin pengemas yang nanti dibeli. Hal paling utama adalah pada lebar kemasan yang ingin digunakan.

Lebar kemasan yang telah ditentukan akan menentukan lebar dari plastik kemasan, hal ini merujuk pada spesifikasi dari komponen mesin. Komponen yang dimaksud adalah corong pengemas. Pemilihan ukuran corong dilakukan berdasarkan ukuran kemasan yang akan digunakan nantinya.

Komponen corong pada mesin pengemas otomatis

Komponen orong pada mesin packaging selain sebagai media plastik kemasan, juga digunakan sebagai media turunnya bahan yang ingin dikemas dari posisi gelas takar atas. Maka dari itu penempatan corong pada mesin haruslah benar-benar tepat. Hal ini bertujuan agar hasil ukuran sesuai dengan harapan.

Dalam prakteknya hal paling penting dalam mesin pengemas adalah corong dan gelas takar. Dimana kedua komponen itulah yang menentukan bahwan toleransi ukuran dari produk yang dikemas menjadi minim. Kesimpulannya dalam membeli mesin pengemas tidak bisa menggunakan jenis plastik biasa, harus ada spesifikasi khusus agar mesin pengemas otomatis dapat berfungsi dengan semestinya.

Pembaca bisa berkonsultasi mengenai kemasan dan mesin pengemas yang diinginkan dikolom komentar yang tersedia, agar saat tidak salah dalam memilih kemasan dan mesin pengemas yang diharapkan. Semoga ulasan singkat mengenai hubungan kemasan dan mesin pengemas ini memberikan pengetahuan kepada pembaca. Terimakasih..