Artikel

Mengenal Jenis-Jenis Mesin Packing Kopi Sachet Yang Lagi Trendi

mesin-pengemas-kopi

Mesin packing kopi sachet merupakan salah satu peralatan yang wajib dimiliki oleh produsen kopi. Kemasan produk yang baik dapat meningkatkan daya jualnya. Konsumen akan lebih tertarik pada produk yang memiliki kemasan eye-catching dan berkualitas. Kemasan menjadi salah satu faktor yang bisa meningkatkan penjualan kopi, jadi tak hanya soal rasa kopinya saja.

Saat ini ada beberapa jenis mesin kopi yang dapat dipilih. Ini bisa disesuaikan dengan target pasar serta image dari produk kopi itu. Beberapa jenis mesin packing kopi sachet, antara lain :

1. Mesin Packing Stick 

Kemasan kopi berbentuk stick yang memanjang dapat dibuat menggunakan mesin packing kopi stick. Mesin packing stick ini bisa digunakan untuk kopi bubuk instan. Tersedia pilihan ukuran yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya lebar 16mm sampai 50 mm, dan panjang 45mm sampai 170mm. Ini memberikan keleluasaan untuk membuat ukuran porsi yang berbeda.

Jenis kemasan stickpack sendiri tampak kecil, nyaman, mudah dibawa dan cocok untuk segala jenis produk. Tak hanya produk bubuk kopi, namun produk lain seperti saus tomat atau gula. Ini mudah dibuat dengan bentuk, warna, dan ukuran ringan yang menarik bagi para konsumen.

Produk berbentuk cair, bubuk, atau granular bisa menggunakan mesin kemasan makanan ini. Kemasan stickpack memiliki tiga sisi yang disegel. Bahan kemasannya sendiri dapat berupa kertas plastik atau alumunium yang dilapisi PE. Tambahan desain yang pada kemasan dengan warna dan tulisan menarik bisa menjaring lebih banyak konsumen.

Selain model yang ringkas, kemasan stickpack juga memiliki kelebihan berupa eco-friendly. Ini karena bahan yang digunakan untuk pembuatannya lebih sedikit dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya. Mesin kemasan stick kopi biasanya menggunakan lebih sedikit kertas atau plastik daripada mesin kemasan lainnya. Jadi biaya bahan yang digunakan bisa lebih sedikit jika menggunakan desain yang satu ini.

2. Packing Sachet

Mesin kemasan kopi sachet menghasilkan kemasan kotak atau persegi panjang dengan 3 atau 4 sisi yang disegel. Mesin kemasan sachet ini dapat diandalkan dan serbaguna, cocok untuk mengemas beragam jenis produk tak hanya kopi saja. Produk lain yang dapat menggunakan mesin ini misalnya lada, kecap, garam, gula, bubuh, rempah-rempah, dan lain-lain. Tak hanya produk untuk bubuk saja, namun dapat digunakan untuk produk butiran dan cairan.

Ukuran untuk kemasan sachet yang dihasilkan juga bisa disesuaikan, misalnya dengan lebar mulai dari 40mm sampai 200 mm, dan panjang dari 40 mm sampai 200 mm. Produk kopi yang dimasukkan ke dalam kemasan ini bisa dicocokkan dengan ukuran yang diinginkan.

Jenis mesin packing sachet ini sendiri ada beberapa macam sesuai dengan jenis produk yang dimasukkan, apakah itu berupa bubuk, pasta cair, atau granular. Para produk kopi bubuk maka, mesin untuk bubuk yang digunakan. Merek kopi terkenal juga ada yang menggunakan jenis mesin pengemas kopi yang satu ini.

Mesin kemasan yang baik akan menghasilkan kualitas kemasan yang bagus. Bubuk kopi yang masuk bisa dengan cepat dikemas dan akan dioperasikan dengan otomatis. Mesin biasanya akan secara otomatis berhenti berfungsi dan menampilkan informasi jika ada kegagalan pada panas atau kehabisan bahan.

Sama seperti jenis kemasan lainnya, mesin ini bisa menghasilkan desain kemasan yang menarik. Oleh karena itu penting untuk merencanakan desain kemasan. Kemasan tersebut selain enak dipandang juga harus menampilkan informasi.

3. Pengemas Vertical 

Mesin Packing Vertical untuk produk bubuk dapat secara otomatis mengemas berbagai produk bubuk seperti kopi, susu, gula, dan lain-lain. Mesin ini dapat diatur berat produk per kemasannya sama seperti jenis mesin lainnya. Terdapat pipa ulir yang digunakan dalam menyesuaikan berat, dan pipa kerah untuk menyesuaikan lebar kemasan.

Mesin otomatis ini dikoordinasikan dengan sistem conveyor helicoid. Saat kemasan penuh dengan produk, sistem pemasukan otomatis akan berhenti melalui sensor. Saat produk jatuh di bawah level tertentu, maka akan mulai berjalan lagi. Jadi sistem sepenuhnya otomatis dikerjakan tanpa operator.

Kemasan packing vertical sendiri bisa untuk kebutuhan produk bubuk kopi maupun biji kopi. Ini bisa dibuat untuk kemasan yang kecil mulai dari berat 20 gram saja, atau yang cukup berat sampai 500 gram atau 1/2 kg. Jadi ini bisa digunakan untuk produk bubuk kopi yang cukup besar.

 

Alat pengemas kopi vertikal ini bekerja dengan memasukkan bahan dengan posisi vertikal ke dalam kemasan. Kemasan yang telah diatur ukurannya nantinya dapat langsung diseal atau dilem dan dipotong sehingga bisa mengemas produk dalam waktu yang cukup singkat.

Tidak hanya bisa mengemas dengan cepat dan otomatis, tersedia juga date coding system. Tanggal expired atau kedaluwarsa dapat ditambahkan dalam kemasan tersebut secara otomatis sesuai dengan pengaturannya.

4. Packaging Horizontal 

Selain mesin packing yang mengemas produk secara vertikal, ada juga yang bekerja secara horizontal. Jadi kemasan yang belum disegel dijalankan secara horizontal, lalu diisi per kemasannya, disegel secara otomatis, dan dan terakhir dipotong per kemasan. Mesin jenis ini juga dapat dioperasikan secara otomatis dengan kontrol menggunakan layar sentuh atau pun tombol.

Desain kemasan menggunakan mesin kemasan kopi yang satu ini juga tak jauh berbeda. Ukuran bisa diatur sesuai kebutuhan sehingga kemasan dapat menampung jumlah yang tepat. Mesin sendiri dapat membuat kemasaan sachet dengan sangat cepat. Dalam satu menitnya, bisa puluhan sachet.

Sama seperti jenis mesin lainnya, mesin packing horizontal ini bisa menggunakan beberapa jenis bahan material kemasan. Desainnya juga bisa disesuaikan seperti keinginan produsen. Bisa juga ditambahkan kode tanggal produksi dan kedaluwarsa pada bagian tertentu kemasan tersebut.

# Menggunakan mesin pengemas kopi otomatis diperlukan untuk efektivitas produksi.

Produsen yang baru memulai atau ingin beralih dari manual ke modern perlu untuk menggunakan mesin pengemas kopi otomatis. Sebelum membeli mesin, sebelumnya perlu memikirkan tentang ukuran dan desain dari kemasan itu sendiri. Setelah semuanya telah direncanakan maka selanjutnya dapat dikonsultasikan kepada produsen mesin packing. Nantinya produsen akan membuat mesin yang sesuai dengan yang dipesan.

# Sebelum membeli mesin pengemas kopi ada baiknya untuk memeriksa fitur dan kualitas yang ditawarkan.

Ada pilihan segel untuk kemasan misalnya 3 side seal, 4 side seal, center seal atau kemasan yang dibuat seperti kantung bantal atau pillow. Bahan mesin yang digunakan juga sebaiknya kuat, tahan lama, dan anti karat. Masalah garansi dan perawatan mesin juga seharusnya ditawarkan oleh produsen untuk menjamin ketahanan mesin tersebut.

# Produsen kopi sendiri saat ini memang sudah harus mengikuti perkembangan zaman agar bisa bersaing dengan produsen lainnya.

Selain rasa dan kualitas kopi, masalah kemasan memang tak bisa dikesampingkan. Apalagi jika sudah memiliki pasar tersendiri dan perlu memproduksi dalam jumlah besar maka mesin packing kopi sachet otomatis yang modern diperlukan untuk proses produksi yang lebih efisien dan efektif.