Artikel

Jenis Plastik Itu Apa Saja ?

Setelah membahas apa itu plastik,untuk artikel kali ini kita akan membahas jenis -jenis platik. Jenis plastik ada tujuh macam,berikut jenis ,penjelasan maupun contoh gambarnya. Semoga dengan lebih mengenal plastik dan jenis -jenisnya,kita bisa lebih bijak menggunakannya dan tentunya bisa mengolah sampahnya.

PET atau PETE (politilena terephthalate). Pendaurulangan tipe 1 paling sering digunakan untuk botol minuman ringan, botol air mineral, botol bir plastik, stoples selai kacang plastik, botol bumbu salad, dan minyak sayur, serta nampan makanan. Jika didaur ulang, maka plastik ini dibuat menjadi bahan kain polar fleece, tas sandang, furnitur, karpet, dan wadah minuman baru.

HDPE (Politilena berkepadatan tinggi). Pendaurulangan tipe 2 digunakan untuk teko susu dan jus, botol produk pembersih, wadah yoghurt, kantung plastik sampah, dan pelapis kotak serealia. Didaur ulang kembali menjadi botol, pulpen, dan bahan-bahan bangunan. Jadi HDPE merupakan jenis plastik PE ,namun memiliki tingkat kepadatan yang tinggi .

V (Vinil) atau PVC. Pendaurulangan tipe 3 ditemukan pada botol pembersih kaca, botol sabun cuci dan botol sampo, juga plastik kemasan makanan bening, siding(bahan pelapis untuk bangunan luar agar tahan cuaca), jendela, pipa, dan perlengkapan medis. Kadang-kadang didaur ulang oleh pembuat papan plastik menjadi bahan-bahan bangunan.

LDPE (Politilena berkepadatan rendah). Carilah Pendaurulangan tipe 4 pada botol pencet dan kantung belanja plastik, kantung pakaian dry clean, atau kantung roti. Didaur ulang menjadi pelapis tempat sampah, amplop, dan papan plastik. Berbeda dengan HDPE yang berkepadatan tinggi,LDPE merupakan jenias plastik PE dengan kepadatan rendah.

PP (polipropilena). Pendaurulangan tipe 5 berasal dari sedotan, wadah yoghurt, botol sirup, botol kecap, botol pil, dan tutup botol. Diubah menjadi garu, sapu, baterai, dan nampan.

 

PS (polistirena). Pendaurulangan tipe 6 digunakan untuk piring dan mangkuk sekali pakai, wadah cakram padat (CD), tempat karton telur, wadah makanan untuk dibawa pulang, dan botol aspirin. Didaur ulang menjadi kemasan busa, penyekat, tempat karton telur, dan wadah makanan untuk dibawa pulang kembali. Jadi produknya cuma sekali pakai ya,jangan dipakai berulang -ulang.

Aneka ragam plastik. Pendaurulangan tipe 7 mencakup botol air isi ulang, bahan-bahan ‘antipeluru’, kacamata, wadah DVD, wadah iPod, dan nilon. Tidak sering didaur ulang, namun kadang-kadang diubah menjadi papan plastik. Jadi ini jenis plastik yang tidak bisa dikelompokkan ke jenis plastik sebelumnya.

Dengan mengetahui jenis -jenis plastik,maka kita akan lebih mengetahui bagaimana penanganan dan pengolahan dari sampah plastik. Karena kita tahu bahwa sampah plastik adalah salah satu masalah besar yang perlu diperhatikan ,dalam hal kelestarian lingkungan hidup. Mengingat plastik tidak mudah terurai ditanah,bahkan memerlukan waktu yang cukup panjang,ratusan tahun untuk terurai. Untuk mengatasinya plastik perlu didaur ulang,diolah kembali,dan dijadikan barang berguna. Ada beberapa cara mendaur ulangnya,juga ada bermacam jenis alat atau mesin untuk usaha itu, salah satu mesin yang menunjang usaha tersebut ialah mesin press sampah. Salah satu alat press sampah plastik seperti mesin press sampah kertas,mesin press kaleng,mesin press botol plastik.Hidrolik press bertujuan untuk memadatkan benda atau produk tertentu,sehingga ruang penyimpanan bisa diminimalkan.

 

Sumber