Artikel

Lada Bubuk Kemasan, Hasil Bumi Primadona Eropa Abad 18

lada bubuk kemasan

Lada bubuk kemasan semakin banyak diminati. Hampir setiap rumah tangga membutuhkan bumbu masak. termasuk lada bubuk kemasan. Lada dalam bentuk kemasan tentu lebih praktis dalam penggunaan. Harga yang ekonomis dan mudah digunakan, salah satu yang menjadi alasan tingginya kebutuhan bumbu masak dalam kemasan. Jenis kemasan yang ada di pasaran pun beragam. Ada yang wadah besar dalam botol. Ada juga dalam kemasan sachet kecil. Bagi ibu rumah tangga yang masaknya tidak banyak, lebih memilih lada dalam kemasan kecil berbentuk sachet.

Dulu lada merupakan produk primadona dunia. Sejarah Nusantara dimasa lalu ,tidak bisa dipisahkan dengan hasil buminya. Rempah-rempah, emas hijau yang hanya ada di Nusantara. Tercatat menjadi rebutan penjajah dari Eropa selama berabad – abad. Lada adalah satu dari sekian jenis rempah yang istimewa itu , hasil bumi primadona Eropa abad 18. Penjualan produk lada sudah mulai berubah. Dulu lada dikemas dalam kemasan yang besar. Sekarang sudah mulai dikemas dengan kecil. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Permintaan akan lada bubuk kemasan semakin tinggi.

Berbeda dengan masa kolonial dahulu , di era kemerdekaan saat ini penguasaan akan lada sudah berada ditangan rakyat. Petani dan pengusaha lokal berlomba -lomba mengelola lada lebih baik lagi ,bahkan sekarang sudah berkompetisi dalam hal pengemasan. Bukan hanya pengusaha besar saja, ukm pun sudah sadar akan usaha pengemasan produknya.

Teknologi pengemasan sudah berkembang sangat pesat. Sistem pengemasan secara manual sudah tidak lagi relevan. Bahakan mulai ditinggalkan. Salah satu alasannya sulitnya mencari tenaga kerja yang siap mengemas produk dalam jumlah besar. Mesin kemasan lada otomatis sudah banyak permintaan , ya bahkan ukm pun sudah merasa harus memakainya. Info mengenai mesin pengemas lada, silahkan hubungi Aneka Mesin.