Info Mesin

Lima Hal Yang Perlu Disiapkan Dalam Usaha Kripik Buah Dan Keripik Sayur

entrepreneur Telp: (0274) 6945 660

Anda ingin memulai usaha pembuatan keripik buah atau keripik sayur? Tentunya anda harus mempersiapkan beberapa hal yang harus anda lakukan, sehingga usaha anda bisa berjalan lancar dan sukses.

Adapun hal-hal yang perlu anda siapkan pada saat anda akan memulai usaha keripik buah dan keripik sayur adalah sebagai berikut :

1. Modal

Modal di sini, salah satunya adalah alokasi dana untuk pembelian mesin vacuum frying. Vacuum frying ini adalah untuk menggoreng buah dan sayur dengan sistem vakum. Untuk kapasitas ideal mesin vacuum frying yang digunakan untuk usaha minimal kapasitas 15 kg/ proses. Kapasitas sebesar ini pertimbangannya dengan masalah biaya operasional dan hasil kripik yang dihasilkan sekali proses. modal Telp Memang ada mesin vacuum frying dengan kapasitas di bawah 15 kg/ proses. Tetapi, untuk suatu usaha yang kapasitasnya di bawah 15 kg kurang efisien. Karena biaya operasional mesin vacuum frying untuk semua kapasitas adalah hampir sama. Sebagai ilustrasi, lama dan  cara menggoreng hampir sama, konsumsi LPG juga sama dan tentunya tenaga kerja juga sama, tetapi hasil dalam jumlah berbeda pada setiap kapasitas.

Sehingga dengan pertimbangan masalah efisiensi, pilihlah mesin vacuum frying yang 15 kg/ proses. Tetapi jika anda mempunyai modal lebih tidak salah jika anda membeli mesin vacuum frying yang kapasitasnya lebih besar, sehingga biaya operasionalnya akan lebih efisien.

2. Lokasi Usaha

Lokasi usaha ini adalah tempat anda untuk memproduksi kripik buah dan kripik sayur. Untuk satu mesin vacuum frying dibutuhkan luas ruangan minimal 2×2 m, tetapi jika ruangan yang anda miliki lebih besar dari itu, maka akan lebih baik, karena ruang gerak para pekerja lebih leluasa.

3. Kebutuhan Listrik

Kebutuhan daya listrik untuk mesin vacuum frying buatan Aneka Mesin rata-rata 1.000 watt/220 V, sehingga instalasi listrik minimum berarti 1300 watt. Sedangkan untuk kapasitas 25 kg/ proses kebutuhan daya listrik 1500 watt, ini berarti instalasi listrik rumah anda harus diatas 1500 watt.

4. Bahan Baku

Masalah bahan baku di sini adalah buah atau sayuran yang akan anda buat keripik. Hal ini terserah anda, namun untuk memudahkan anda dalam kebutuhan bahan baku sebaiknya disesuaikan dengan banyaknya buah yang ada disekitar anda. Sebagai contoh di daerah Malang yang bahan bakupaling banyak buah apel dan di daerah Sleman, Yogya banyak buah salak. Maka daerah Malang cocok untuk produksi keripik apel karena buah apel harganya murah. Dan daerah Sleman cocol untuk produksi keripik salak.

Bahan baku lainnya adalah minyak goreng dan gas LPG. Untuk minyak goreng sebaiknya menggunakan minyak goreng yang bermerk dan jernih. Karena penggunaan dengan minyak goreng tanpa merk dan kurang jernih akan mempengaruhi aroma dan warna hasil kripik yang tidak sempurna.

5. Siap Jadi Pengusaha

Setelah anda merasa siap dan memutuskan untuk menjadi pengusaha kripik buah dan kripik sayur. Tentunya anda harus siap untuk entrepreneur Telp: (0274) 6945 660berwirausaha. Seperti halnya dengan memulai usaha-usaha lainnya  fisik, mental dan spiritual harus siap untuk menuju kesuksesan sebagai pengusaha kripik buah dan kripik sayur.

Semoga penjelasan mengenai lima hal yang perlu disiapkan dalam usaha kripik buah dan keripik sayur di atas membantu anda dalam memulai bisnis keripik buah dan sayur atau yang sudah mulai bisnis keripik buah dan sayur. Salam sukses dari Ane Mesin.

Sebagai penyedia dan produsen mesin produksi untuk skala UMKM, Aneka Mesin  memproduksi mesin vacuum frying, mesin untuk membuat kripik buah dan kripik sayur dengan beberapa kapasitas. Untuk setiap pembelian mesin vacuum frying mendapat bonus mesin peniris minyak (spiner) dan handsealer. Kami juga melengkapi penjualan mesin vacuum frying dengan manual guide serta traning gratis (di luar akomodasi).

 

Sumber Gambar:
http://goeshealth.com/uploads/2011/10/fruits.jpg
http://www.deborahshanetoolbox.com/uploads/2010/05/entrepreneur-001.jpg
http://stat.ks.kidsklik.com/statics/files/2011/06/13083645151365039501.jpg