Info Mesin, Mesin Industri UKM, Mesin Pertanian

Manfaat Kompos

Mesin Pengaduk (Mixer) Kompos

Kompos merupakan sisa-sisa makhluk hidup yang telah mengalami pelapukan, bentuknya sudah berubah seperti tanah dan tidak berbau. Kompos memiliki sifat fisik dan kimia yang hampir mirip dengan tanah. Namun memiliki kandungan hara yang sangat bermanfaat bagi tanaman. Sampah organik dapat diolah dengan teknologi sederhana dan hasil olahannya dapat dimanfaatkan secara langsung  sebagai pupuk alami.

Mixer KomposPada prinsipnya semua bahan yang berasal dari makhluk hidup atau bahan organik dapat dijadikan kompos. Misalnya seperti daun-daunan, ranting kayu, cacahan rumput, limbah sayur, limbah buah-buahan dapat dibuatkan kompos. Termasuk kotoran ternak juga bisa dibuatkan kompos. Hanya saja untuk mempercepat proses pengomposan, sebaiknya bahan organik tersebut harus dicacah terlebih dahulu sampai berukuran kecil. Jika kita kesulitan mencacah bahan organik dengan sistem manual, seperti kotoran hewan, ranting kayu,dll atau karena kebutuhan kapasitas produksi yang besar, kita dapat menggunakan mesin pengolah kompos yang sudah banyak dijual di pasaran. Seperti misalnya mesin pencacah kompos atau mesin pencacah sampah organikmesin mixer kompos, mesin pengayak kompos, dll.

Kompos dapat juga digunakan sebagai satu-satunya sumber hara tambahan bagi tanaman. Kompos sebaiknya diberikan dalam jumlah yang cukup, agar tanaman dapat tumbuh lebih baik. Kompos juga bisa diberikan bersama-sama dengan pupuk kimia buatan.

Kompos dapat diberikan kepada semua tanaman, mulai dari tanaman pertanian, holtikultura, perkebunan, tanaman hias, buah-buahan, sayuran  dan tanaman kehutanan.

Beberapa Manfaat Kompos :  

  1. Kompos dapat mengembalikan kesuburan tanah
  2. Kompos dapat menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman
  3. Tanah yang masam akan menjadi lebih netral jika diberikan kompos
  4. Meningkatkan aktivitas mikroba tanah
  5. Memperbaiki sifat fisik dan kimia tanah
  6. Pemberian kompos pada tanah yang sudah mengeras akan menjadikannya lebih gembur
  7. Meningkatkan ketersediaan hara di dalam tanah
  8. Tanaman yang diberi kompos tumbuh lebih subur dan kualitas hasil panennya lebih baik dari pada tanaman tanpa diberikan kompos.