Artikel

Mesin Perontok Jagung Aneka Mesin

whatsapp-image-2018-01-25-at-13-01-16

Mesin perontok jagung merupakan mesin pengolah hasil pertanian, yang berfungsi untuk merontokkan biji jagung dari bonggolnya. Yang mana,mesin ini tentu sangat diperlukan oleh para petani jagung maupun pengusaha pengolah jagung.

budidaya-dan-cara-bercocok-tanam-jagungAdapun mesin ini memiliki spesifikasi detail sebagai berikut : mesin ini memiliki kapasitas produksi 500 sampai dengan 1000 kilogram bahan baku perjam, material rangkanya dari besi siku, dengan material body dari mild steel, mesin penggerak diesel dengan kekuatan 8 hp, dan dilengkapi roda agar bisa mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain,alias portable.

Mesin perontok jagung merupakan teknologi tepat guna yang sangat dibutuhkan para petani jagung maupun pengusana pengolah jagung,kenapa?Karena proses merontokkan jagung dari bonggol ,membutuhkan keterampilan maupun pengalaman tersendiri. Selain itu juga membutuhkan waktu yang lumayan lama,apalagi jika harus merontokkan hasil panenan jagung yang luar biasa banyak. Lain masalah lagi ,adalah sulitnya mencari tenaga kerja khusus merontokkan jagung atau pemipil jagung. Sehingga cara-cara manual sudah tidak relevan lagi dalam masalah ini. Tentunya alat atau mesin sangatlah dibutuhkan,alias wajib hukumnya digunakan.

Bagaimana cara menggunakannya?tentu saja mudah. Langkah pertama ,tentu mesin harus dihidupkan dahulu, kemudian masukkan jagung yang belum dipipil kedalam corong input mesin ,lantas selanjutnya siapkan wadah penampung di corong output,karena haril perontokan biji jagung akan keluar lewat corong output tersebut,dan terakhir yang pasti jangan lupa mematikan mesin perontok jagung,jika sudah selesai melakukan perontokan jagungnya. simple bukan?

Apa sih keunggulan mesin perontok jagung Aneka Mesin? yang pertama desain mesinnya tentu kokoh dan kuat, mesin ini mudah untuk digunakan atau dioperasikan semua orang,Mesin bersifat portable karena dilengkapi dengan roda,sehingga memudahkan untuk dipindah -pindahkan,dan yang utama proses perontokan atau pemipilan jagung lebih cepat dan optimal.