Artikel

Pemanfaatan Sampah Plastik Menjadi Bahan Bakar

PENGOLAH SAMPAH PLASTIK JADI BAHAN BAKAR

Langkah-langkah untuk mengurangi jumlah sampah plastik terus dilakukan. Kebijakan pembatasan penggunaan kantong plastik di minimarket merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam rangka diet kantong plastik. Selain upaya mengurangi penggunaan plastik, mengolah sampah plastik menjadi produk yang bermanfaat menjadi sangat penting untuk mengurangi volume sampah plastik yang terus meningkat. Pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bakar merupakan salah satu solusi yang harus dikembangkan dalam menanggulangi indonesia darurat sampah.

Melakukan konversi sampah plastik menjadi bbm. dengan menggunakan mekanisme pirolisis menjadikan sampah sebagai salah satu sumber energi alternatif. Bahan bakar minyak yang dihasilkan dari mesin pirolisis plastik dapat digunakan untuk berbagai keperluan antara lain :

  1. Pembakaran langsung seperti pengecoran logam, industri tahu/tempe, industri kerupuk/keripik,boiler,industri laundri, pembuata batu bata,rumah tangga, dll.
  2. Penggerak diesel seperti traktor, transportasi sungai/laut, penggilingan padi, penggilingan daging, penepung, genset, percetakan, pabrik limbah plastik, dll.

Kita membutuhkan Alat pengolah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak yang tidak hanya digunakan di TPA, namun bisa digunakan di beberapa bank sampah, TPST 3R, Dinas atau Instansi Pemerintah, Perusahaan, Sekolah, dan Unit Pengolahan Sampah lainnya. Sudah saatnya kita mengembangkan teknologi tepat guna yang aplikatif sesuai dengan karakater sampah yang ada di indonesia.