Artikel

Pengemasan Gula Pasir Dengan Mesin Pengemas Apa Menguntungkan?

harga mesin packing gula pasir 1 kg

Pengemasan gula pasir umunya dilakukan dengan berbagai macam cara, ada yang menggunakan cara manual ada juga yang menggunakan mesin. Pada intinya mengemas gula pasir bertujuan untuk menyuplai kebutuhan masyarakat. Pilihan dalam cara pengemasan biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor, dari mulai kapasitasnya, sumber daya, serta karena kebutuhan pasar.

Faktor-faktor tersebutlah yang mendorong seseorang mengemas dengan cara manual atau dengan cara modern menggunakan mesin. Karena tidak dapat dipungkiri masing-masing dari cara pengemasan kedua model tersebut memiliki kelebihan masing-masing. Meskipun pengemasan manual terlihat jadul, namun tetap memiliki kelebihan tersendiri.

Kelebihan masing-masing model pengemasan

Kabanyakan model kemasan gula pasir dipasaran adalah model kemasan tali (manual) dan model kemasan modern (mesin). Berikut kelebihan dan kekurangan masing-masingnya :

1. Kemasan gula pasir model tali (manual)

Kemasan ini memiliki kelebihan dalam hal metode pengemasan, yang dimana saat mengemas tidak membutuhkan daya listrik. Bahan yang diperlukan hanyalah kemasan plastik dan tali untuk mengikat kemasan gula. Kekurangan dari pengemasan model ini kapasitas yang dihasilkan, dimana jumlah yang diperoleh saat mengemas tidak sebanyak jika menggunakan bantuan mesin. Karena tenaga yang digunakan hanyalah tenaga manusia, hanya jika semakin banyak orang yang mengemas maka kemasan yang dihasilkan akan juga semakin banyak. Tetapi hal ini akan menambah biaya pembayaran buruh kemasan.

2. Kemasan gula pasir modern (mesin)

Kemasan ini memiliki kelebihan dalam hal jumlah kapasitas yang diperoleh. Berbanding terbalik dengan mengemas dengan cara manual diatas. Meski begitu mengemas menggunakan mesin ini lebih memakan biaya operasional, selain dari listrik juga membutuhkan spesifikasi kemasan yang berbeda. Namun tidak dapat dipungkiri manfaat yang diperolehnya akan sangat sebanding dengan biaya yang dikeluarkan. Dimana kemasan modern dapat lebih luas jangkauan distribusinya. Tidak hanya sekedar sampai pasar atau toko kecil, penjualan bisa masuk ke ranah mini market maupun swalyan besar.

Penjabaran diatas adalah kelebihan dan kekurangan masing-masing model kemasan. Tidak dapat dipungkiri bahwa masing-masing sebenarnya memiliki segmentasi pasar tersendiri. Tetapi memang mengemas dengan menggunakan mesin akan jauh lebih menguntungkan.

Keuntungan mengemas gula pasir dengan bantuan mesin

Selain dari hal pendistribusian, pengemasan dengan bantuan mesin pengemas memang lebih cenderung membuat kemasan gula pasir menjadi lebih baik, lebih modern, dan lebih premium. Dan juga menjadikan proses saat pengemasan menjadi tidak ribet, mudah, dan simple. Keuntungan akan semakin melimpah jika permintaan akan gula pasir dengan kemasan modern semakin tinggi.

Kesimpulannya mengemas dengan cara apapun memiliki kelibahan dan kekurangannya masing-masing. Selain dari hal tersebut juga dalam praktiknya memilih metode pengemasan juga haruslah mempertimbangkan hal-hal detail lainnya. Karena dalam pengemasan berbagai produk pastinya membutuhkan modal yang tidak sedikit.

Sekian ulasan mengenai untungnya mengemas menggunakan mesin pengemas otomatis. Semoga dengan ulasan singkat ini memberikan ilmu mengenai metode-metode pengemasan gula pasir. Terimakasih..