Artikel

Pentingnya Kopi Bubuk Dikemas Dengan Kemasan Berkualitas

kopi bubuk

Kopi bubuk merupakan olahan dari biji kopi yang sebelumnya sudah melalui proses penggorengan. Untuk mendapatkan rasa kopi bubuk yang nikmat, dibutuhkan treatment yang tepat. Tidak cukup hanya bahan baku kopi yang berkualitas. Dibutuhkan perlakuan khusus untuk menghasilkan cita rasa kopi yang istimewa. Dalam mempertahankan cita rasa dan aroma kopi yang tetap nikmat, maka kopi harus dikemas dengan pengemasan yang berkualitas. Kemasan tidak hanya menarik, namun mampu menjaga kualitas kopi.

Manfaat pengemasan paling mendasar dari pengemasan suatu produk adalah untuk melindungi produk dari kerusakan – kerusakan,sehinggga lebih mudah disimpan ,diangkut dan dipasarkan sampai ke tangan konsumen. Secara umum manfaat dari pengemasan produk kopi dapat kita jabarkan sebagai berikut :

1.Sebagai wadah produk dari produsen ke konsumen selama distribusi.

Dalam hal ini pengemasan kopi bubuk dalam kemasan sachet ,akan menjaga agar bubuk kopi tidak berkurang,karena tercecer,hilang dan sebagianya.

2.Melindungi produk dari kerusakan

Kerusakan yang diakibatkan oleh panas,kelembaban udara,cahaya,air,benturan,maupun kontaminasi bakteri,virus,maupun zat -zat kimia yang lain,yang dapat merubah ,mengurangi kualitas bahkan merusak produk. Sehingga produk kopi bubuk anda terlindungi dari berkurangnya kualitas dan kerukan akibat faktor – faktor diatas.

3.Ciri khas dari produk

yang membedakan antara produk anda dengan produk pesaing atau kompetitor. Karena didalam kemasan terdapat merek,brand yang disematkan. Selain itu juga desainnya yang mungkin berbeda dengan produk pesaing,membuat produk anda mudah diingat , mudah dihafal,mudah dicari. Apalagi kalau desainnya unik , menarik akan menjadi nilai tambah dalam proses penjualan ,karena kemasan yang menarik adalah salah satu sebab konsumen membeli.

4.Memberikan informasi lengkap kepada konsumen

Informasi mengenai produk yang ada didalam kemasan. Dengan dicantumkannya informasi seperti berat bersih,tanggal produksi,tanggal kadaluarsa,kadar nutrisi,status kehalalan,status legalitas,cara pakai,cara penyimpanan,dan sebagainya.

5.Menambah daya tarik tersendiri bagi konsumen.

Karena pandangan pertama itulah yang menentukan. Ketika seorang konsumen sudah jatuh hati dengan menawannya kemasan,potensi pembelian terhadap produk itu lebih tinggi,jika dibandingkan dengan sewaktu melihat produk yang dikemas asal -asalan. Misalnya kopi bubuk yang dikemas sachet yang rapi dan cantik akan lebih menarik ,jika dibandingkan hanya dikemas dengan kantong plastik biasa.

6.Menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Artinya produsen tidak memaksa konsumen untuk membeli produk dalam jumlah besa. Padahal konsumen rumah tangga hanya butuh dalam jumlah kecil. Sehingga kemasan sachet adalah kemasan ideal bagi konsumen khususnya rumah tangga. Untuk mengemas kemasan model sachet Anda dapat mengunakan mesin pengemas sachet otomatis.

Untuk melakukan pengemasan kopi bubuk sachet yang menarik dan kekinian, Anda dapat menggunakan mesin pembungkus kopi. Aneka Mesin memproduksi aneka mesin packing otomatis. Antara lain mesin pembungkus tempe, mesin pembungkus snack, mesin pembungkus gula dan mesin pengemas otomatis lainnya.