Artikel

Resiko Besar Tidak Membeli Mesin Pengemas Kopi Bubuk

Mesin pengemas kopi bubuk merupakan salah satu kebutuhan yang perlu dipertimbangkan oleh para produsen kopi. Karena dengan pesatnya bisnis kopi untuk sekarang ini perlu banyak sekali inovasi dan terobosan untuk meningkatkan daya saing pasar. Dan peningkatan ini pastinya peru waktu serta riset pasar mengenai inovasi apa yang tepat dalam pengembangan bisnis kopi.

Bermacam cara dalam memperkenalkan dan mencari keuntungan dengan berbisnis kopi. Salah satunya adalah mengenai kemasan. Dari kemasan kopi sendiri beberapa diantaranya ada yang hanya dikemas dan dipasarkan ditoko retail saja, ada juga yang disajikan ditempat-tempat nongkrong para penikmat kopi. Dan persaingan usaha pun tidak bisa dihindarkan oleh para pebisnis kopi mengenai hal ini. Berbagai tempat nongkrong kopi pun tersebar diseluruh tempat bagi para penikmat kopi.

Namun, keuntungan kopi tidak hanya didaptkan dari para penikmat kopi saja. Masih banyak cara dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah :

1. Membuka bisnis roasting kopi

Dalam bisnis kopi tidak bisa lepas dari hal yang namanya roasting kopi. Roasting kopi mempunyai peran penting dalam kenikmatan sebuah kopi. Namun tidak semua pengusaha kopi memiliki mesin untuk meroasting kopi. Maka dari itu membuka jasa roasting kopi merupakan hal yang bagus untuk dilakukan.

2. Penggilingan atau penepungan kopi

Penggiling atau penepung kopi juga merupakan salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi sebagai pebisnis kopi. Dan peluang membuka jasa penepungan kopi juga merupakan hal yang bagus. Karena tidak semua pelaku usaha kopi memiliki mesin penepung dalama usahanya.

3. Mesin pengemas kopi

Pengemasan dalam bisnis kopi bermacam-macam ada yang dengan kemasan pouch atau dengan kemasan sachet, semua itu punya kelebihan dan pasar masing-masing. Namun banyak dari para pelaku usaha yang hanya memakai kemasan pouch saja yang dinilai lebih mudah karena tidak memerlukan mesin pengemas kopi khusus. Membuka jasa pengemasan juga merupakan hal yang patut dipertimbangkan, namun tidak semudah mengemas dengan kemasan pouch, mengemas dengan kemasan sachet para pelaku usaha perlu mesin pengemas otomatis.

Dalam usaha kopi sangat penting untuk memperlebar pasar penjualan, dari point nomor tiga kita bisa lihat bahwa memproduksi kopi dengan kemasan pouch jauh lebih mudah. Namun dari hal itu para pelaku usaha tidak akan mampu memperluas pasar kopinya. Perlu sebuah peningkatan kemasan yang harus dilakukan, yaitu menjadikan kemasan kopi  menjadi kemasan sachet. Kemasan sachet dapat mudah memperluas pasar karena bisa dijual diberbagai toko retail.

Menigkatkan kemasan kopi semata-mata meningkatkan penjualan dari produk kopinya itu sendiri. Akan banyak resiko jika pasar dari kopi tidak segera ditingkatkan, beberapa diantaranya adalah :

1. Produk tidak dikenal masyarkat

Produk kopi yang tidak ditingkatkan dalam hal kemasan akan berimbas di pendistribusiannya. Karena pasar dari kemasan pouch dengan kemasan sachet sangatlah beda. Kopi dengan kemasan sachet lebih luas jangkauan pasarnya. Dan dengan jangkauan luas tersebut daya kenal masyarakat lebih tinggi.

2. Produk kopi akan kalah bersaing

Hal kedua yang perlu ditakuti dan menjadi ancaman adalah produk istimewa kopi kita akan kalah saing dengan produk kopi kompetitor hanya dalam hal kemasan. Ini akan sangat beresiko dan bahkan mengancam dari penjualan kopi itu sendiri. Jangan sampai hal ini terjadi oleh para pelaku usaha kopi.

3. Segmentasi pasar konsumen berbeda

Mendapatkan konsumen yang banyak merupakan akhir dari tujuan sebuah usaha itu tercapai. Dari hal ini konsumen kopi, dimana konsumen dengan kemasan kopi pouch berbeda denga  konsumen dengan kemasan sachet. Hal yang membedakan adalah harga. Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika mengemas kopi dengan kemasan pouch maka yang ada dibenak para konsumen adalah harganya yang mahal. Berbeda jika kita juga menempatkan kopi kita di deretan kopi kemasan sachet bubuk. Pastinya akan lain estimasi dari konsumen mengenai harga yang ditetapkan.

mesin packing kopi bubuk

Dari resiko diatas, salah satu cara yang paling baik untuk mengurangi resiko adalah meningkatkan kemasan sebuah kopi. Dimana yang tadinya hanya dikemas secara manual menjadi kemasan pouch, jadi untuk sekarang para pelaku usaha kopi haruslah juga turun dengan kemasan sachet.

Mengenai kemasan kopi sachet perlu mesin pengemas otomatis khusus dalam hal ini. Mesin yang komplek namun masih mudah untuk digunakan. Mesin yang digunakan ialah mesin pengemas kopi bubuk. Dengan mesin tersebut selain mampu digunakan untuk mengemas kopi menjadi kemasan sachet, juga mampu dalam hal mingkatkan kapasitas produksi kopi.

Untuk mesin pengemas kopi bubuk, produsen mesin di Yogyakarta anekamesin.com mampu membuat  mesin pengemas sesuai dengan kebutuhan yang diharapkan oleh para produsen kopi. Produk mesin yang berkualitas dan handal dalam hal pengemasan macam kopi dari hasil kebun seluruh Indonesia.