Artikel

Dasar Spesifikasi Plastik Kemasan Pada Mesin Pengemas Otomatis

Pada mesin pengemas otomatis pastinya tidak bisa dipisahkan dari yang namanya plastik kemasan. Karena plastik kemasan yang digunakan pada mesin tersebut tidak seperti plastik-plastik biasa pada umumnya. Baik secara model dan karakter detailnya.

Memilih kemasan memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena harus menyesuaikan dengan penggunaannya yaitu untuk mesin pengemas. Dimana dalam mesin tersebut spesifikasi plastik yang digunakan harus memiliki ketebalan serta lapisan tertentu. Tidak bisa dipungkiri karena mesin tersebut memiliki pemanas untuk menutup kemasan yang sudah jadi.

Kriteria kemasan pada mesin pengemas

Pemanas itulah yang menjadi alasan kenapa spesifikasi plastik kemasan benar-benar harus disesuaikan. Selain karena alasan pemanas pada mesin, ada juga beberapa kriteria yang harus terpenuhi. Beberapa diantaranya adalah :

1. Panjang plastik kemasan

Standardnya ukuran plastik kemasan pada mesin packing adalah 1000 meter dan lebar maksimal yang dianjurkan adalah 36-38 cm. Lebar plastik biasanya didapatkan dari perhitungan ukuran kemasan produk. Ukuran-ukuran ini merupakan daya maksimum yang dapat dipasang dimesin.

2. Ukuran kemasan produk

Ukuran kemasan bervariasai, biasa menyesuaikan dengan berat produk dan produk yang ingin dikemas. Ada yang mengemas untuk kemasan sachet <50 gram ada juga yang mengemas untuk kemasan besar maksimal 1000 gram. Untuk kemasan maksimal ukuran standardnya adalah 17*25 cm menyesuaikan dengan karakter produk yang dikemas.

3. Ketebalan plastik

Untuk sebagian produk contohnya produk cairan, ada ketebalan tertentu dan spesifikasi khusus pada plastik kemasan yang harus terpenuhi. Agar seal kemasan dapat merekat dengan sempurna tanpa ada kebocoran.

4. Eye mark kemasan pada mesin pengemas

Eye mark adalah tanda pada plastik kemasan yang berhubungan dengan sensor pada mesin pengemas untuk membaca ukuran kemasan dimana fungsinya  untuk melakukan pemotongan dan penyegelan kemasan.

Pentingnya konsuktasi kemasan sebelum membeli

Penting sekiranya bagi para pelaku usaha untuk memperhatikan mengenai plastik kemasan yang nanti digunakan untuk mengemas produk dengan memakai mesin pengemas otomatis. Untuk lebih jelas pelaku usaha bisa berkonsultasi hal tersebut kepada produsen kemasan dan produsen mesin agar pemiilihan kemasan tidak salah. Karena jika kemasan salah, kemasan tidak dapat digunakan sesuai fungsinya.

Karena dengan berkonsultasi pelaku usaha akan  mudah mendapat kesesuaian antara kemasan dan spesifikasi mesin yang diharapkan. Untuk kebutuhan hal tersebut pelaku usaha dapat menanyakan dikolom komentar yang tersedia dibawah. Semoga ulasan singkat ini memberikan pemahaman mengenai plastik kemasan pada mesin pengemas. Terimakasih..