Artikel

Syarat Packaging Tepung Yang Wajib Anda Ketahui

mesin pembungkus tepung

Packaging tepung penting dilakukan untuk menjaga produk tepung aman di tangan konsumen. Packaging tepung tidak hanya membuat kemasan menjadi menarik. Namun kualitas kemasan produk pun kuat. Tepung adalah bentuk hasil pengolahan bahan dengan cara pengilingan atau penepungan. Tepung memiliki kadar air yang rendah, hal tersebut berpengaruh terhadap keawetan tepung. Jumlah air yang terkandung dalam tepung dipengaruhi oleh beberapa faktor. Antara lain sifat dan jenis atau asal bahan baku pembuatan tepung, perlakuan yang telah dialami oleh tepung, kelembaban udara, tempat penyimpanan dan jenis pengemasan.

Maka dari itulah seiring perkembangan zaman dan kebutuhan konsumsi atau jenis tepung yang cukup beragam, perlu adanya syarat pengemasan tepung sesuai karakter jenis tepungnya.

Perubahan permintaan konsumen dan pasar akan produk pangan, dimana konsumen menuntut produk pangan yang bermutu dan berkualitas tinggi serta dapat disiapkan di rumah. Hal ini menyebabkan kemasan plastik merupakan pilihan yang paling tepat, karena dapat memenuhi semua tuntutan konsumen. Jenis-jenis plastik yang ada di pasaran sangat beragam, sehingga perlu pengetahuan yang baik untuk dapat menentukan jenis kemasan plastik yang tepat untuk  pengemasan produk pangan. Beberapa jenis plastik yang relatif aman digunakan sebagai kemasan pangan adalah PP, HDPE, LDPE, dan PET.

Syarat Bahan Pengemasan : 

  1. Wajib idak bersifat racun dan inert (tidak bereaksi dengan bahan pangan)
  2. Harus kedap air
  3. Tahan panas
  4. Mudah dikerjakan secara masinal dan harganya relatif murah

Untuk mengemas produk tepung, kita dapat menggunakan mesin pembungkus tepung. Dengan mesin pembungkus tepung proses pengemasan menjadi cepat. hasil kemasan produk pun lebih rapi dan menarik. Sehingga layak di jual market modern. Informasi lengkap mengenai mesin packing tepung silahkan hubungi Aneka Mesin.