Artikel

Usaha Kopi Bangkrut Karena Tidak Memiliki Mesin Packaging Otomatis

Para pelaku usaha kecil kopi bisa bangkrut karena tidak memiliki mesin packaging otomatis, bagaimana bisa hal ini terjadi?? Tentu sangat bisa, karena banyak para pelaku usaha yang tidak siap akan persaingan pasar kopi. Mereka yang coba-coba atau mereka yang hanya sekedar ikut-ikutan dalam menekuni bisnis kopi ini.

Bisnis kopi di era sekarang ini memang menjadi hal yang menarik untuk dilakukan, dimana hampir semua orang menyukai kopi. Dari mulai anak muda yang suka nongkrong sampai para orang tua yang menikmati kopi untuk bersantai. Hal ini pun tidak disia-siakan oleh pebisnis kopi, beraneka cara mereka lakukan untuk berlomba memberikan nilai tersendiri terhadap produknya dimata konsumen.

Namun cara yang salah akan malah berdampak buruk bagi usaha kopi yang sedang ditekuni. Bermacam cara pun dilakukan oleh para produsen kopi. Ada yang jual kopi ditoko-toko ada yang menyajikan kopi di cafe-cafe. Cara seperti ini maklum untuk dilakukan, karena memang karakter penikmat kopi beranekaragam ada yang suka menikmati ditempat ada yang ingin menikmatinya dirumah.

Meskipun banyak para penikmati kopi yang menikmati kopinya langsung ditempat, namun tidak sedikit juga para penikmat kopi lebih menyukai menikmati kopinya di rumah. Hal ini menjadi peluang bagi para pengusaha kopi dalam menjajakan kopinya. Namun yang disayangkan kebanyakan kopi yang dinikmati oleh pecinta kopi adalah kopi dari merk terkenal, produksi dari perusahaan besar. Padahal kopi dari pelaku usaha kecil tidak kalah untuk menandingi dari kopi bermerk yang ada. Dan bahkan kopi yang diproduksi oleh para pelaku usaha kecil, besar kemungkinan adalah kopi dari daerahnya sendiri serta dibuat dengan cara yang masih tradisional.

Terus apa sih yang membuat usaha kopi kamu bisa terancam bangkrut? Berikut beberapa hal dibawah ini yang membuat usaha kopi kamu terancam bangkrut :

1. Tidak mampu membuat kemasan kopi sachet

Banyak para pelaku usaha kopi tidak mampu dalam hal membuat kopi dengan kemasan sachet, padahal kopi dengan kemasan sachet lebih mudah menjangkau segmentasi pasar dari pecinta kopi. Mereka masih memakai cara packaging manual yaitu memakai kemasan standing pouch. Diamana segmentasi pasar ini masih sangat terbatas karena biasa hanya dijual ditempat-tempat tertentu saja.

2. Kapasitas produksi tidak terpenuhi

Jumlah produksi, hal ini masih juga menjadi catatan penting dan merupakan salah satu ancaman terbesar kebangkrutan usaha jika tidak segera diantisipasi sedini mungkin. Hasil produksi yang rendah harus diantisipasi dengan penerapan penggunaan mesin packaging otomatis. Karena mesin masih tetap menjadi point utama dalam hal meningkatkan produk dari sebuah usaha. Namun peningkatan ini tetap harus melihat permintaan pasar kopi yang ada.

3. Terbatasnya pasar kopi dilapangan

Segmentasi pasar kopi yang dituju sebenarnya adalah point penting dalam industri kopi. Karena pemilihan target konsumen yang salah akan berdampak terhadap perlakuan produk kopi yang sedang dibuat. Pembatasan ini tidak luput dari kemasan kopi yang dipakai. Karena masih menjadi hal utama bahwa akan ada segmentasi pasar yang berbeda antara kopi dengan kemasan pouch dengan kopi kemasan sachet.

4. Tampilan kemasan beda dipasaran

Tampilan kemasan yang berbeda juga akan berdampak pada usaha kopi yang sedang dijalani. Jangan sampai ketika sudah menekuni bisnis kopi dengan kemasan sachet para pelaku usaha tidak menyesuaikan dengan produk yang sudah ada dipasaran. Penyesuaian pun beragam dari mulai sekedar design kemasan sampai ukuran kemasan. Hal detail semacam ini sangat penting karena konsumen akan tetap menyandingkan dengan produk bermerk yang telah ada.

Dari uraian diastas bisa disimpulkan bahwa mesin packaging otomatis merupakan solusi untuk dapat bersaing dengan produk kopi yang sudah ada. Sekaligus juga mengurangi resiko dari ancaman kebangkrutan untuk pengusaha kopi di Indonesia karena kurangnya inovasi kemasan kopi.

Pemilihan mesin pengemas otomatis juga haru tepat, anekamesin.com merupakan produsen yang ahli dalam bidang pengemasan kopi. Akan menjadi pilihan bagus bagi para pelaku usaha kopi jika memilih produsen tersebut untuk usaha kopinya. Mereka akan memberi saran serta memberi layanan yang optimal terhadap mesin packing kopi anda. Terimakasih telah membaca semoga ilmu ini bermanfaat bagi para pelaku dan bagi para calon usahawan kopi. See you..