Artikel

Nilai Jual Kopi – Harga Alat Packing Biji & Bubuk Kopi

nilai-jual-kopi

Tingkatkan Nilai Jual Kopi Anda Dengan Kemasan Unik Dan Cantik. Jenis dan harga mesin packing kopi merupakan satu pembahasan yang makin banyak dicari. Hal ini karena semakin banyaknya pebisnis yang sadar bahwa kemasan merupakah hal penting yang dapat mempengaruhi nilai jual dan penjualan.

Jaman sekarang produk seenak apapun jika tidak dikemas dengan menarik tidak akan dilirik konsumen. Daya saing yang semakin ketat, mengharuskan para pebisnis beralih menggunakan perlengkapan yang memadai dan mendukung proses produksi untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Apalagi sekarang banyak jenis konsumen yang membuat keputusan yang reaktif dan naluri dengan mempertimbangkan warna, bentuk dan tempat yang familiar. Karena itulah fungsi dan nilai kemasan sebuah produk berubah, tidak sekedar menjadi wadah namun memberikan perlindungan, kebersihan dan nilai estetika.

Bahkan, seiringnya waktu dan kebutuhan pemasaran, fungsi kemasan produk mulai berkembang  menjadi media komunikasi untuk menyampaikan tujuan atau pesan. Misalnya, dicantumkan informasi mengenai aturan mengkonsumsinya atau nutrisi yang terdapat dalam makanan.

Berkembangnya fungsi kemasan produk makanan/minuman disebabkan pula oleh keinginan orang ingin serba praktis, ringkas dan cepat. Banyak produk yang kemudian menggunakan kemasan baru, ambil contoh saus/kecap. Awalnya dikemas dalam botol, lalu berubah menjadi kemasan sachet. Termasuk kemasan kopi yang dikemas dalam sachet untuk takaran satu gelas.

 

Keuntungan Menggunakan Mesin Packing Kopi Sachet

Mesin pengemas kopi adalah mesin yang fungsinya untuk mengemas kopi secara otomatis. Dengan menggunakan bantuan mesin proses pengemasan menjadi lebih cepat dan memiliki nilai tambah. Produk kopi yang Anda jual menjadi lebih aman, bersih, awet, dan menarik.

Harga mesin packing kopi sebanding dengan keuntungan yang didapat. Apalagi proses menggunakan mesin terbilang mudah dan membantu usaha Anda menjual kopi dalam bentuk kemasan dengan harga ekonomis.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan mesin kemasan kopi sachet, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Saat pengemasan tidak akan ada bubuk kopi yang tumpah atau tercecer. Dengan catatan cara menggunakannya benar.
  • Produk terjaga dengan baik dari segi kebersihan, daya tahan (keawetan) dan keamanannya, mulai dari kopi dalam bentuk biji, butiran atau bubuk.
  • Dapat memenuhi kebutuhan/permintaan konsumen dengan cepat. Karena menggunakan mesin otomatis, kecepatan mengemasnya bisa mencapai 75 bungkus permenit.
  • Pengisian kopi ke dalam kemasan menggunakan mesin lebih praktis karena tidak perlu lagi bersusah payah menyegel kemasan sendiri, karena mesin sudah bekerja otomatis.
  • Kemasan yang dihasilkan terlihat lebih rapi dan presisi. Sistem dan pengaturannya disesuaikan dengan kebutuhan.
  • Dari sisi konsumen, kopi yang dikemas sachet lebih menarik dan praktis sehingga membantu meningkatkan penjualan.
  • Tidak perlu khawatir terkontaminasi serangga, benda asing atau zat berbahaya.
  • Selain digunakan untuk kemasan kopi, dapat digunakan juga untuk mengemas jenis produk lainnya, seperti saus, kecap, sambal bubuk, juga makanan ringan.

Kebanyakan para produsen menggunakan kemasan plastik. Alasannya karena plastik memiliki karakter lebih ringan, bertenaga, transparan dan membantu melindungi produk. Alasan lainnya karena plastik lebih mudah merekat dengan mesin.

 

Jenis-Jenis Mesin Packing Kopi Berdasarkan Karakter Produk

Mesin packing kopi sachet umumnya terdiri dari wadah untuk menampung kopi, corong, penyegel dan volume. Dari komponen tersebut sudah bisa dibayangkan hanya dengan menggunakan satu mesin Anda sudah bisa melalukan proses pengisian kopi ke kemasan sachet sekaligus menyegelnya.

Proses pengemasan berlangsung otomatis. Pada versi terbaru, mesin packing sudah ada yang dilengkapi pengatur kecepatan, sehingga Anda bisa mengatur sendiri kecepatan pengemasannya.

Umumnya mesin pengemas kopi bisa mengemas hingga 25 – 75 kemasan per menit. Anda bisa bayangkan jika harus mengerjakannya secara manual, berapa waktu yang dibutuhkan untuk mengemas 25 – 75 kemasan. Bisa jadi membutuhkan waktu berjam-jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan untuk tenaga manusia.

Anda bisa mengemas kopi mulai dari yang 10 gram, 20 gram, 50 gram dan ukuran lainnya sesuai dengan ukuran kemasan yang digunakan. Ringkasnya ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan dan didapatkan jika menggunakan mesin pengemas kopi otomatis.

Mesin pengemas kopi yang berkualitas menggunakan bahan material dan komponen terbaik dan memenuhi standar food grade sehingga aman. Dilapisi bahan yang mencegah mesin berkarat. Berikut ini jenis-jenis mesin packing berdasarkan karakter produk.

1. Mesin Pengemas Bubuk

Mesin ini digunakan untuk mengemas produk kopi bubuk dan sejenis yang sama, seperti: gula halus, tepung, serta bubuk jamu.

Cara kerja mesin ini otomatis melalui panel control. Memiliki kemampuang packing antara 40 – 60 bags atau dalam bentuk renteng. Cara menggunakannya sangat mudah, kopi bubuk tinggal dimasukkan ke dalam tangki. Lalu nyalakan mesin dan dengan sendirinya mesin akan bekerja mengemas.

Harga mesin packing kopi ini terbilang murah karena ukuran dan strukturnya tidak begitu besar.

2. Mesin Pengemas Butiran 

Mesin ini digunakan untuk produk bubuk atau butiran vertikal. Cocok digunakan untuk mengemas sachet granule kopi, sachet garam, gula bahkan untuk makanan burung dan kucing.

Kerja mesin ini jaih lebih baik dibandingkan mesin manual maupun mesin semi otomatis. Kapasitas pengemasan pun jauh lebih banyak. Dan yang pasti hasil kemasan lebih rapi dan berkualitas.

 

3. Continuous Sealer

Mesin ini memiliki variasi yang banyak, cocok untuk industri kecil. Kapasitasnya belum besar dilengkapi printing letter untuk mencetak bagian sealing. Cocok digunakan untuk mengemas kopi bijian yang kemasannya besar. Bahkan bisa digunakan untuk kemasan makanan ringan dan bisa untuk mengemas bahan cair. Tersedia dua pilihan, continous vertikal dan horizontal.

Itulah 3 jenis mesin packing kopi sachet yang bisa dijadikan pilihan mengemas produk agar memiliki nilai jual kopi yang lebih tinggi. Sebenarnya masih ada berbagai jenis pilihan mesin kopi lainnya. Untuk melihat kemasan kopi menarik kami sudah jelaskan pada artikel 5 jenis kemasan kopi bubuk menarik.

 

Untuk industri kelas menengah harga mesin packing kopi dipasaran bisa dibilang murah. Jika ada kerusakan atau komponen yang harus diganti, tidak susah mendapatkannya.

Kopi yang dikemas dengan tepat selain terlihat lebih menarik juga menjaga kopi dari serangga dan kelembaban. Nilai jual kopi Anda pasti akan tinggi, jika sudah dikemas dengan kemasan yang cantik dan menarik.

Nah bagi Anda yang menjalankan usaha industri kopi ada baiknya dan tidak rugi untuk melengkapi perlengkapan dan kebutuhan industri dengan menggunakan mesin kopi berkualitas. Dengan menggunakan mesin Anda tidak perlu khawatir biji/bubuk kopi yang dikemas takarannya berbeda. Karena semua kemasan akan diisi sesuai dengan takaran yang sama. Dengan demikian penjualannya jadi lebih efisien dan efektif.

Proses produksinya tidak membutuhkan tenaga banyak dan tidak membuang waktu. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan untuk usaha Anda. Satu poin penting jika Anda ingin usaha kopi mengalami peningkatan nilai jual yaitu berilah perlakuan yang istimewa pada produk.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis, keuntungan menggunakan mesin pengemas kopi. Semoga artikel ini bermanfaat, menambah informasi dan pengetahuan khususnya seputar perlengkapan industri/bisnis kopi. Bagi Anda yang ingin berbagi cerita atau informasi seputar kemasan produk bisa tuliskan di kolom komentar yang sudah kami sediakan.