Artikel

5 Jenis Kemasan Kopi Bubuk Menarik Menjadi Inspirasi Kemasan Kopi Anda

kemasan-kopi-bubuk

Pada ulasan kali ini kami akan menjelaskan tentang 5 Jenis Kemasan Kopi Bubuk Menarik Menjadi Inspirasi Kemasan Kopi Anda. Sekarang ada banyak jenis kemasan kopi bubuk yang unik dan praktis dibawa kemana-mana. Karena banyaknya permintaan pasar, mengharuskan pebisnis kopi untuk dapat memproduksi kopi bubuk secara cepat namun tetap mempertimbangkan kebersihan keamanan dan keindahan kemasan. Untuk memenuhi hal ini solusinya adalah dengan menggunakan mesin pacing kopi sachet.

Harga mesin packing kopi bubuk beragam, tergantung merk dan jenis mesin yang Anda pilih. Sebelum kita membahas mengenai fungsi dan manfaat mesin modern ini, ada baiknya kita membahas terlebih dahulu mengenai keuntungan produk kopi bubuk Anda menggunakan kemasan dan jenis-jenis kemasan dengan desain yang menarik. Simak penjelasannya berikut ini!

1. Tips Memilih Kemasan Kopi Bubuk

Banyak pebisnis kopi yang masing bingung memilih desain kemasan yang sesuai.  Berikut ini tips memilih kemasan kopi bubuk yang bisa dijadikan bahan pertimbangan :

  • Bahan/Material Kemasan

Ada poin yang harus dipertimbangkan saat memilih material kemasan, tidak sekedar keindahannya saja. Namun pastikan bahan yang dipilih sesuai dengan jenis produk dan menjaga dari kelembapan.

  • Sesuaikan Ukuran Kemasan dengan Produk

Sebelum melakukan proses pengemasan ada baiknya menyesuaikan terlebih dahulu ukuran kemasan dengan banyaknya produk.

  • Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Perhatikalah jenis kemasan apakah ingin yang transparan, full foil atau kombinasi. Selain itu, pilih mesin yang menyediakan fitur-fitur yang dibutuhkan.

2. Jenis-Jenis Kemasan Kopi Bubuk Yang Kekinian

Nah berikut ini 5 jenis kemasan yang tepat untuk kopi bubuk, selain menarik juga menjaga daya tahan kopi tetap awet dan tahan lembap.

 

1. Kemasan Gusset

Kemasan yang pertama adalah Gusset, terbuat dari bahan aluminum foil. Umumnya memiliki ketebalan 90 micron mampu menjaga bubuk kopi dari paparan sinar matahari dan udara dari luar. Sehingga aroma khas kopi masih tetap terjaga.

Kemasan kopi bubuk ini memiliki sisi yang berbeda, ada yang dua sisinya tertutup dan ada yang sati sisi terbuka (di bagian atas). Di dalam kemasan disertakan klip atau zipper yang berfungsi sebagai segel. Sekarang proses menyegel bisa lebih cepat dan mudah menggunakan continuous sealer atau mesin hand sealer.

 

2. Kemasan Kopi Karung Goni

Sekarang kemasan karung goni sudah mulai diaplikasikan untuk packaging berbagai macam produk, termasuk kopi bubuk. Menggunakan kemasan ini selain unik juga menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan turut serta mengurangi pemanasan global karena karung goni adalah bahan yang ramah lingkungan.

 

3. Kemasan Standing Pouch One Way Valve

Kemasan yang satu ini menggunakan bahan aluminum foil, umumnya dengan ketebalan 125 mikron. Cocok untuk kemasan kopi bubuk dan biji kopi, tahan terhadap paparan sinar matahari. Dilengkapi katup satu arah (bahan nylon) atau filter one way valve.

Dengan adanya katup satu arah ini, CO2 yang ada di dalam kemasan dapat dikeluarkan. Namun jangan khawatir udara masuk karena katup ini didesain hanya untuk mengeluarkan udara yang ada di dalam kemasan bukan memasukkan udara. Itu sebabnya dinamakan katup satu arah. Dengan kemasan ini kopi menjadi lebih terjaga aromadan kualitasnya. Harga mesin packing kopi bubuk yang satu ini mulai dari puluhan juta hingga ratusan juta.

4. Kemasan Kantung Kertas Greaseproof

Kemasan ini berlabel food grade, artinya khusus di desain untuk kopi. Keunggulannya menggunakan kemasan ini adalah dapat menyerap minyak kopi sehingga kualitas kopi terjaga. Biasanya kemasan ini tidak perlu disegel, bisa digulung di bagian atas penutupnya. Namun kemasan ini hanya digunakan sementara yang biasanya digunakan untuk melayani pembeli secara langsung. Tidak tepat digunakan untuk kopi yang akan didisplay atau disimpan dalam waktu lama.

Biasanya pembeli langsung memindahkan ke toples yang mereka miliki. Kopi yang disimpan dalam kantung kertas Greaseproof tidak boleh lebih dari 7 – 10 hari, karena bisa menyebabkan aroma khas kopi dan cita rasanya hilang.

5. Kemasan Vacuum

Jenis kemasan kopi bubuk berikutnya adalah kemasan vacuum. Kemasan kedap udara ini menjaga kondisi kopi tetap awet karena oksigen bisa menyebabkan kopi cepat basi. Namun kemasan ini tidak disarankan untuk kopi bubuk karena membuat kopi tersedot oleh mesin. Harga mesin packing kopi ini tergantung jenis dan merk. Untuk mengetahui lebih detail bisa cek di artikel lainnya masih di website kesayangan Anda ini, dengan kata pencarian harga mesin packing kopi.

Dari pembahasan jenis kemasan, kita dapat mengetahui jenis-jenis material atau bahan yang digunakan, yaitu: plastik bening, craft alufoil, aluminium foil doff, gusset, kombinasi, goni. Ukuran kemasan kopi beragam, mulai dari 10 gram, 20 gram, 25 gram, 50 gram hingga 500 gram.

 

3. Menggunakan Mesin Pengemas Untuk Membantu Mengemas Kopi Bubuk

Untuk menghasilkan kemasan yang rapi dan sempurna dibutuhkan alat yang modern dan otomatis. Menggunakan mesin packing kopi sachet prosesnya lebih cepat, dengan demikian produksi kopi menjadi lebih banyak dalam waktu yang cepat.

Beberapa jenis mesin yang sekaligus dapat menutup rapat atau menyegel. Hasilnya, bubuk kopi tetap terjaga dari serangga dan higienis.

Dengan menggunakan mesin, tidak perlu khawatir mengenai takaran isi setiap kemasan. Karena mesin packing kopi sachet dilengkapi fitur pengatur banyaknya kopi yang dituang ke kemasan, volume, suhu dan penghitung produk yang sudah dikemas. Dengan adanya fitur-fitur ini pengisian kopi menjadi lebih optimal.

Bahan mesin packing kopi dibuat dari bahan yang sudah sesuai dengan standar pengemasan makanan, yaitu stainless steel yang sifatnya anti karat.  Dilengkapi pengisian dan proses menyegel yang cepat, sehingga kebersihan dan kualitas produk terjaga.

Proses pengemasan menjadi lebih praktis, karena sekaligus disegel. Hasil kemasannya menarik, presisi tanpa kerutan atau segel yang kurang kuat.

Hanya dalam waktu singkat, Anda dapat mengemas kopi bubuk dalam jumlah yang banyak. Pengoperasiannya simple dan mudah karena dapat bekerja secara otomatis. Umumnya mesin packing kemasan kopi terdiri dari variasi horizontal dan vertikal.

4. Perawatan Mesin Kemasan Kopi 

Merawat mesin kemasan kopi bubuk sangat mudah. Membersihkan bagian luar cukup di lap agar terbebas dari debu atau bubuk-bubuk kopi yang mungkin menempel. Sedangkan bagian dalam mesin bisa dibersihkan menggunakan alat khusus, seperti vacuum cleaner dan blower elektrik.

Harga mesin packing kopi bubuk sangat beragam, mulai dari jutaan hingga ratusan juta. Pastikan Anda mendapatkan mesin yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Namun jika dibilang apakah mahal atau murah, bisa dibilang harganya murah untuk industri skala menengah. Komponen suku cadangnya juga mudah diperoleh dipasaran jika ada yang harus diganti atau apabila terjadi kerusakan mudah diperbaiki.

Dengan menggunakan mesin packing kopi sachet bubuk, Anda tidak hanya menghemat biaya saja namun juga memberikan nilai tambah, seperti: menjaga aroma dan kesegaran kopi, branding produk sehingga penjualan dapat ditingkatkan namun tetap menjaga kualitas kopi.

Fenomena gaya hidup menikmati sajian kopi ditangkap oleh para pebisnis kopi dengan memberikan kopi terbaik. Kemasan kopi bubuk ataupun biji kopi menjadi peran penting untuk mencapai tujuan yang diinginkan, baik dari segi pemasaran, publikasi bahkan mendongkrak omset penjualan. Untuk melihat peluang usaha kopi bisa Anda lihat di artikel Peluang besar mesin packing kopi sachet di indonesia.Harga mesin packing kopi yang mencapai puluhan hingga ratusan juta, bisa dibilang sangat murah jika dibandingkan dengan keuntungan yang Anda dapatkan.

Menurut Anda kemasan kopi manakah dari 5 jenis yang sudah kita bahas yang unik dan terbaik? Silakan tulis di kolom komentar dan berbagi cerita seputar kopi. Semoga artikel ini dapat menambah informasi dan bermanfaat!