Artikel

5 Keuntungan Menggunakan Mesin Pembungkus Kopi

mesin-pengemas-kopi

Kopi saat ini menjadi produk yang masih tetap memiliki banyak peminat. Produsen kopi pun terus meningkatkan produksi dan bersaing dengan yang lain. Mesin pembungkus kopi bisa menjadi investasi yang berharga bagi para pengusaha kopi yang ingin sukses di pasaran. Peran kemasan sendiri cukup penting karena bisa menambah daya jual. Berikut ini 5 keuntungan menggunakan mesin pengemas kopi : 

1. Segel Kemasan Yang Kuat

Sebuah kemasan harus bisa menjadi tempat penyimpan produk yang baik, begitu juga dengan kemasan kopi. Salah satu komponen kemasan yang harus diperhatikan, yaitu masalah segel. Saat pengemasan dilakukan secara manual maka sering segel kemasan tidak selalu kuat. Saat kemasan tersebut mudah terbuka maka kualitas produk kopi akan terus menurun. Hal ini tentunya bisa membuat pelanggan cukup kecewa.

Menggunakan mesin otomatis yang berkualitas dapat memastikan bahwa kemasan tersebut dapat tersegel dengan kuat sehingga produk dapat terlindung dengan baik. Segel yang kuat berarti berkurangnya risiko untuk terpapar elemen dari luar seperti oksigen, udara lembab, cahaya, dan temperatur yang berubah-ubah. Paparan dari luar tersebut bisa membuat kopi tidak segar lagi.

Apalagi mesin ini juga mendukung bahan material kemasan yang cukup bervariasi. Pemilihan bahan material yang tepat bisa menjaga kopi agar tetap berkualitas dan tahan lama. Segel dapat disesuaikan dengan jenis bahan material. Bentuk kemasan dengan jumlah segelnya juga dapat dipilih, misalnya kemasan dengan 4 segel, 3 segel, atau kemasan berbentuk bantal(pillow bag).

Mesin kemasan kopi sendiri memiliki banyak tipe yang dapat disesuaikan dengan keinginan produsen. Ada mesin dengan jenis vertikal fill, horizontal, stickpack, dan lain-lain. Secara umum jenis mesin-mesin tersebut sudah dilengkapi dengan fitur segel yang cukup kuat dan terstandarisasi.

2. Tidak Bergantung Pada Tenaga Manusia

Biaya yang digunakan untuk tenaga manusia atau pekerja biasa bisa dialokasikan untuk investasi mesin packing kopi ini. Tenaga manusia memang masih dibutuhkan dalam industri termasuk pengolahan kopi, namun ada beberapa bagian yang bisa lebih efektif dan efisien jika menggunakan tenaga mesin. Pada bagian pengemasan, mesin otomatis diperlukan agar prosesnya bisa lebih cepat dengan kualitas pengemasan yang lebih baik.

Mesin otomatis yang digunakan untuk pengemasan ini akan mengurangi dengan drastis tenaga manusia. Realitanya, tenaga manusia bisa tidak akurat dan kurang terstandar saat melakukan kegiatan berulang. Dengan adanya mesin tersebut maka kemasan akan lebih rapi, seragam, dan kuat. Tenaga manusia hanya dibutuhkan untuk operator, pengawas, dan teknisi saja.

Bagaimana dengan harganya? Pembelian mesin pengemas yang modern bisa terlihat cukup mahal saat pertama kali membelinya. Namun karena ini bagian dari investasi, berbeda dari biaya untuk tenaga manusia yang harus membayarkan biaya gaji setiap bulannya. Biaya gaji  tersebut jika diakumulasikan akan lebih mahal daripada mesin packing otomatis. Mesin modern hanya membutuhkan model besar diawal saja, sedangkan untuk setiap bulannya hanya perlu perawatan dan tambahan biaya listrik.

Mesin otomatis ini bisa bekerja dalam waktu yang cukup lama dan memerlukan pengawasan saja. Operator mesin bisa meninggalkannya dalam beberapa saat dan tak harus setiap menit mengawasi.

3. Produksi Yang Lebih Cepat Dan Besar

Penggunaan mesin modern untuk proses pengemasan kopi bisa mempersingkat proses produksi. Waktu yang dibutuhkan oleh mesin ini untuk mengemas kopi dengan tepat sangat cepat, misalnya sampai 90 sachet atau lebih dalam satu menitnya. Ini tentu akan memberikan kemudahan bagi produsen kopi jadi produknya bisa segera didistribusikan dalam jumlah yang banyak.

Produsen atau pabrik kopi bisa meningkatkan hasil produksinya dengan menggunakan mesin pengemas otomatis. Misalnya untuk memproduksi ribuan kopi sachet setiap harinya, jika menggunakan metode yang manual maka perlu waktu dan tenaga manusia yang banyak. Namun dengan menggunakan mesin ini maka waktu bisa dipersingkat dan langsung bisa didistribusikan kepada distributor atau pedagang retail.

Kapasitas mesin pengemas sendiri beragam bisa disesuaikan untuk kebutuhan. Bagi produsen yang masih memproduksi dengan kapasitas tak terlalu besar maka bisa menggunakan mesin yang berkapasitas kecil pula. Harga mesin pengemas ini disesuaikan dengan kualitas dan kapasitasnya. Produksi kopi yang dilakukan lebih cepat dapat memuaskan para pelanggan yang memesan produk dalam jumlah banyak.

4. Mudah Dioperasikan

Para insinyur mesin terus berusaha membuat alat yang mudah untuk dioperasikan oleh manusia. Begitu juga dengan mesin kemasan kopi. Pada mesin ini disediakan menu untuk mengatur jalannya mesin, misalnya tentang kapasitas, ukuran, dan penambahan informasi pada kemasan. Nantinya pihak produsen mesin akan memberikan panduannya. Operator yang ditunjuk dapat mempelajarinya dengan cepat sehingga bisa langsung digunakan untuk kebutuhan produksi.

Kemudahan pengoperasian ini bisa membuat proses produksi lebih ringkas. Operator mesin hanya perlu memastikan agar mesin dapat berjalan dengan baik. Tidak perlu ada banyak pekerja yang ditugaskan untuk proses pengemasan. Masalah teknisi juga bisa dibicarakan dengan penyedia mesin pengemas yang biasanya juga akan memberikan garansi dan layanan perawatan mesin.

Pengaturan mesin sendiri memiliki beberapa fitur yang bisa diprogram sesuai dengan yang inginkan. Ini dapat diubah berdasarkan kebutuhan produksi saat itu. Mesin pengemas otomatis saat ini juga banyak yang berukuran cukup kecil sehingga ringkas saat ditempatkan di ruangan. Mesin ini akan berjalan menggunakan daya listrik yang tidak terlalu besar, disesuaikan dengan kapasitasnya.

5. Variasi Model Pengemasan

Mesin packing modern dirancang untuk membuat kemasan dengan berbagai variasi. Setiap jenis mesin bisa membuat model pengemasan yang telah diatur sebelumnya. Pengusaha kopi bisa memesan mesin yang sesuai dengan keinginannya, nantinya produsen mesin dapat membuatnya sesuai dengan tipe yang sudah ada.

Kemasan kopi saat ini sudah bervariasi, namun jenis kopi sachet yang berisi kopi instan memiliki banyak konsumen. Kopi sachet dengan ukuran kecil ini juga bervariasi modelnya dan bahan material yang dapat digunakan. Mesin pembungkus kopi sendiri bisa digunakan untuk berbagai jenis material, ukuran, dan model pengemasan asalkan memang dipesan pada produsen langsung.

Selain sachet dengan bentuk persegi atau persegi panjang, ada juga mesin untuk stickpack. Kemasan stickpack berbentuk memanjang dan dapat efisien dalam pengunaan bahan. Produk kopi juga beragam, tak hanya kopi bubuk, namun ada juga biji kopi olahan. Mesin pengemas ini dapat membungkus berbagai jenis produk kopi dan produk selain kopi, misalnya gula.

Itulah beberapa keuntungan dalam menggunakan mesin pembungkus kopi. Adanya mesin modern yang dapat beroperasi secara otomatis secara umum lebih banyak kelebihannya daripada kekurangannya. Pengusaha kopi bisa meningkatkan produksi mereka dan menjual lebih banyak kopi kepada masyarakat.

Penggunaan mesin kemasan kopi di era modern ini dibutuhkan oleh pengusaha kopi. Di samping mesin otomatis bisa lebih efisien dan efektif, ini juga berkaitan dengan persaingan. Para pengusaha kopi lainnya tentunya juga memperhatikan masalah kemasan. Mengemas produk dengan kemasan yang menarik menjadi salah satu pendorong untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, dibutuhkan mesin pembungkus kopi berkualitas yang dapat membantu untuk meningkatkan kapasitas produksi serta daya jual produk. Anda juga bisa melihat jenis kemasan kopi bubuk menarik menjadi inspirasi kemasan kopi Anda.