Skip to main content

Mesin Kopi

Kopi merupakan minuman hasil seduhan biji kopi yang telah melalui proses roasting dan dihaluskan menjadi bubuk. Jenis kopi yang beredar secara luas adalah arabika, robusta, dan liberika. Bagi banyak orang, kopi bukan sekedar minuman, tapi merupakan bagian dari gaya hidup. Tingginya permintaan akan kopi, menjadikan usaha pengolahan dan penjualan kopi tumbuh dengan pesat. Beberapa daerah banyak bermunculan warung kopi. Mulai dari warung kopi sederhana sampai coffee shop premium. Besarnya kebutuhan akan kopi, menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan.

mesin-sangrai-kopi
mesin-penepung-kopi
mesin-pengemas-kopi
mesin-pengemas-kopi-bubuk

Untuk menjalankan usaha kopi ada beberapa mesin kopi yang biasa kita kenal, antara lain mesin roasting kopi, mesin penggiling kopi dan mesin pengemas kopi. Dengan menggunakan mesin kopi yang berkualitas, usaha pengolahan kopi, tentu menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk menggoreng kopi misalnya, pelaku usaha bisa menggunakan mesin roasting kopi otomatis yang dilengkapi dengan fitur pengaturan suhu otomatis, sehingga pelaku usaha dapat lebih mudah membuat variasi kopi dengan cita rasa yang berbeda-beda sesuai kebutuhan pasar. Setelah proses menggoreng kopi, selanjutnya proses menggiling kopi dengan menggunakan mesin penepung kopi. Bubuk kopi pun dapat dibuat bermacam-macam ukuran sesuai kebutuhan. Setelah proses menggiling kopi, kopi dapat dikemas dengan kemasan yang menarik yang dapat menarik minat konsumen. Dengan dukungan kemasan menarik, harga jual kopi pun dapat ditingkatkan.  Berikut ini mesin pengolahan kopi yang biasa kita jumpai di pasaran :

1. Mesin Sangrai Kopi

Mesin sangrai kopi merupakan salah satu mesin pengolahan kopi yang digunakan menyangrai atau menggoreng kopi dengan suhu tertentu untuk mendapatkan cita rasa kopi yang nikmat.

Spesifikasi Mesin Sangrai Kopi : 

  • Kapasitas produksi : 5 kg bahan baku per proses
  • Material tabung : Plat stainless steel 201
  • Diameter tabung : 35 cm
  • Panjang tabung : 40 cm
  • Diameter cooling : 60 cm
  • Penggerak tabung : Motor listrik 175 Watt
  • Penggerak cooler : Motor listrik 175 Watt
  • Kompor : Pipa gas ½ dim
  • Cyclone
  • Kontrol suhu otomatis (thermostat)
  • Blower 2 unit : Blower pendingin 1 unit & Blower cyclone 1 unit

 

Keunggulan Mesin Sangrai Kopi : 

  1. Mesin roasting kopi ini terbuat dari material yang berkualitas
  2. Mesin sangari kopi dilengkapi dengan pendingin
  3. Konstruksi mesin sangrai kokoh dan modern
  4. Mesin roaster kopi ini sangat mudah dioperasikan
  5. Waktu yang dibutuhkan untuk menyangrai kopi lebih cepat
  6. Hasil penggorengan kopi lebih optimal.
2. Mesin Penggiling Kopi

Mesin penggiling kopi merupakan mesin penggiling yang berfungsi untuk menepung bahan baku biji kopi yang sudah disangrai atau digoreng. Selain dapat menepung biji kopi, mesin ini juga dapat menepung bahan baku seperti jagung, beras,cabe, ikan, kedelai, biji-bijian kering, dan produk sejenis. Mengolah sendiri sumber-sumber bahan baku, tentu akan meningkatkan nilai jual suatu produk. Sehingga kebutuhan mesin penggiling ini sangat tinggi khususnya bagi pelaku usaha di bidang pengolahan kopi.

 

Spesifikasi Mesin Penggiling Kopi :

  • Merk : Aneka Mesin
  • Type : AM-DM100
  • Kapasitas : 20 – 30 kg bahan baku per jam
  • Material body : Stainless steel
  • Material pemukul : Stainless steel
  • Material rangka : Stainless steel
  • Penggerak : Diesel 8 HP atau Motor listrik 3HP

 

Kegunaan Mesin Penggiling Kopi : 

Mesin penggiling kopi merupakan salah satu mesin penepung yang digunakan untuk menepung bahan baku biji kopi yang sudah disangrai terlebih dahulu. Penggiling kopi merupakan alat yang sangat membantu pelaku usaha kopi dalam menyediakan produk burupa bubuk kopi. Dengan memiliki mesin penepung biji kopi petani maupun pengusaha kopi dapat mengolah kopi sendiri sesuai kebutuhan. Selanjutnya kopi yang sudah berupa bubuk halus dikemas sesuai kebutuhan pasar. Bubuk kopi juga bisa langsung dicampur dengan gula pasir, creamer bubuk, susu bubuk atau produk lainnya sehingga menjadi produk kopi siap saji. Produk yang sudah dimixing tersebut kemudian di packing dengan manual atau menggunakan mesin pengemas otomatis sehingga hasilnya tidak kalah dengan merk-merk terkenal yang banyak beredar di pasaran.

 

Keunggulan Mesin Penggiling Kopi : 
  1. Konstruksi mesin kokoh dan kuat
  2. Material mesin penepung terbuat dari stainless steel
  3. Bentuk mesin penepung serbaguna ringkas dan sederhana
  4. Mesin penggiling ini sangat mudah dioperasikan
  5. Mampu menggiling berbagai bahan baku kering seperti beras, jagung, singkong, ikan, kedelai, biji-bijian kering, dan sejenisnya
  6. Hasil penggilingan tepung lebih optimal.
3. Mesin Pengemas Kopi

Mesin pengemas kopi merupakan salah satu mesin pengemas bubuk yang digunakan untuk mengemas produk kopi secara otomatis dan cepat. Mesin pengemas kopi otomatis ini biasanya digunakan untuk mengemas produk kopi bubuk murni, kopi bubuk campur gula, kopi bubuk susu, kopi bubuk creamer, atau kombinasi kopi bubuk lainnya yang dibungkus dengan kemasan berbentuk sachet. Produk kopi sachet ini sudah banyak beredar di pasaran, mulai dari swalayan, mini market, toko kelontong,warung kopi, warung makan, dan lain-lain.

mesin-pengemas-kopi
mesin-pengemas-kopi-sachet
mesin-pengemas-kopi-bubuk
mesin-pengemas-kopi-otomatis

Mengemas kopi tidaklah sama halnya dengan mengemas produk bubuk lainnya. Mengemas kopi membutuhkan treatment khusus agar cita rasa kopi tetap terjaga dengan baik. Untuk mempertahankan aroma dan rasa kopi yang selalu istimewa, maka harus dikemas dengan bahan kemasan yang pas. Dengan menggunakan mesin kemasan kopi sachet anda dapat membuat kemasan kopi yang elegan dan mewah.

Spesifikasi Mesin Packing Kopi Sachet : 
  • Kecepatan pengemasan : 15 – 45 kemasan / menit
  • Ukuran kemasan : 17 x 26 cm
  • Kapasitas kemasan : Sampai dengan 400 gram (tergantung jenis produk yang dikemas)
  • Material pengemas : AL+PE, OPP+PE, NY+PE dan bahan  kertas pengemas lain yang dapat direkatkan dengan panas
  • Dimensi mesin : 100 x 70 x 180 cm
  • Daya listrik : 1200 Watt
  • Berat  mesin : ± 400 kg

 

Keunggulan Mesin Kemasan Kopi : 
  1. Desain mesin kemasan kopi kokoh dan kuat
  2. Mesin packing otomatis ini sangat mudah dioperasikan
  3. Mesin pengemas ini dilengkapi dengan panel kontrol yang berfungsi untuk mengatur berbagai pengaturan dalam menjalankan mesin
  4. Dapat mengemas berbagai macam produk kopi bubuk berbentuk sachet
  5. Dapat mengemas berbagai ukuran kemasan sesuai kebutuhan
  6. Dapat mengemas berbagai model pengemasan disesuaikan dengan kebutuhan.