Artikel, Mesin Lainnya

Susu Bubuk Sachet Kambing Etawa ,Sehat dan Hemat

susu-bubuk-sachet-kambing-etawa-sehat-dan-hemat

Susu adalah asupan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh kita. Saat kita lahir kita sudah diberikan Air Susu Ibu (ASI) ,dimasa pertumbuhan kita diperkenalkan susu formula, jadi susu adalah nutrisi yang tidak asing bagi kehidupan kita. Menurut sumbernya susu dibagi menjadi susu hewani dan susu nabati. Susu nabati yang akrab dengan kita yaitu susu kedelai. Sedangkan menurut bentuknya ada susu cair,cream ,maupun susu bubuk. Penghasil susu hewani yang kita ketahui sekarang ini yaitu sapi perah dan kambing etawa. Untuk produk susu bubuk dari sapi perah sudah banyak dan beredar sejak lama,dengan berbagai merek,dari yang lokal sampai merek internasional. Nah ,sedangkan susu bubuk dari kambing etawa ,masih belum sekondang susu dari sapi perah,namun sudah ada beberapa ukm  yang giat mengembangkan dan memproduksinya. Bahkan sudah mulai mengemasnya ke dalam kemasan sachet yang praktis dan hemat, ya tujuannya adalah agar susu bubuknya tidak gampang rusak,harganya hemat terjangkau konsumen,dan yang jelas tetep sehat dan menyehatkan.

Menurut Journal of American Medicine, susu kambing adalah nutrisi paling lengkap yang diketahui mengandung vitamin,mineral,elektrolit,unsur kimia,enzim,protein dan asam lemak yang mudah dimanfaatkan tubuh kita. Bahkan tubuh manusia bisa mencerna susu kambing hanya dalam 20 menit, jauh lebih cepat ,jika dibandingkan mencerna susu sapi yang butuh 2 sampa 3 jam. Dan faktanya susu kambing adalah yang paling mendekati ASI dari segi komposisi,nutrisi ,dan sifat kimia alaminya.

Kenapa kita lebih mengenal susu sapi ,jika dibanding susu kambing etawa?padahal peminum susu kambing di dunia lebih banyak dari peminum susu sapi,ya karena pengaruh orang -orang Belanda yang memperkenalkan susu sapi,dimana sapi perah adalah binatang ternak yang mereka budidayakan.

Kini di beberapa daerah di Indonesia sudah mulai melirik budidaya kambing etawa, dan bahkan sudah mulai mengolah susunya dan mengemasnya ke dalam kemasan sachet ,dengan beragam merek,desain dan harga. Peluang bisnis susu bubuk kambing etawa masih terbuka lebar,mengingat pasar konsumen susu yang besar di negara ini,dan faktanya pemain dalam bisnis ini belum banyak.

Untuk mengemas susu bubuk kambing etawa, alat yang wajib dimiliki adalah mesin packing susu bubuk., yang memiliki kecepatan packing optimal, moderen,higienis serta ekonomis. Mengenai mesin pengemas itu ,silahkan kunjungi Aneka Mesin.