Artikel, Mesin Lainnya

Bawang Goreng Kemas ,Praktis Dan Harga Terjangkau

bawang-goreng-kemas-praktis-dan-harga-terjangkau

Selain garam,gula,penyedap rasa,dan bumbu lainnya,taburan bawang goreng merupakan bumbu penyempurna masakan. Bawang goreng yang dimaksud adalah bawang merah ,bukan bawang bombai ya..,karena bawang bombai goreng tidak bisa digunakan sebagai bawang tabur. Semakin krispi bawang goreng,semakin kriuk dan sedap rasanya. Bawang goreng dahulu dijual dalam jumlah besar,belum ada model pengemasan sachet. Namun sekarang pengemasan bawang goreng dalam kemasan sachet mulai menjadi tren , berusaha mengakomodir kebutuhan konsumen,menyediakan kemasan praktis,dan produk dengan kemasan terjangkau.

Di Indonesia penghasil bawang merah yang terkenal adalah di Brebes dan Palu,namun industri bawang goreng berada di kabupaten Kuningan jawa barat,dan juga ada di Palu. Meskipun industri ini terlihat remeh,namun mampu menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Dan walaupun kebanyakan dikelola oleh Ukm,namun produk bawang goreng mereka sudah menjadi suplier industri besar,maupun pasar internasional.

 

Untuk Mengenalkan produk mereka, para pelaku industri bawang goreng bekerjasama dengan dinas perindustrian ,untuk mengikuti berbagai expo didalam maupun diluar negeri. Dan untuk meningkatkan demand bawang goreng,salin quantity,mereka juga mengupgrade kualitas produk mereka,termasuk masalah packaging atau pengemasan. Pengemasan yang baik adalah suatu kebutuhan yang wajib diperhatikan oleh setiap produsen ,di era kompetisi yang semakin ketat ini. Jadi produsen harus siap meningkatkan kapasitas produksi dengan kualitas terbaik dan dengan kemasan cantik atau elegan,namun juga dengan harga yang ekonomis.

Kompetisi yang ketat, ya makin ketat. Di kabupaten kuningan saja ada belasan produsen bawang goreng,belum di kota palu,dan daerah lainnya. Kompetisi ini sebenarnya menguntungkan konsumen ,karena mereka akan mendapatkan produk dengan kualitas bagus, dengan harga ekonomis.

Mengenai packaging bawang goreng, sudah tidak relevan jika masih menggunakan cara manual. Selain kurang cepat,membutuhkan banyak tenaga manusia, dan masih kontak dengan tangan manusia dianggap kurang higienis. Info mengenai mesin pengemas bawang goreng bisa dilihat di Aneka Mesin.