Artikel

Fungsi Mesin Perontok Bunga Cengkeh Yang Perlu Anda Ketahui

alat-perontok-bunga-cengkeh

Proses pemisahan bunga cengkeh dari tangkainya salah satu tahapan yang harus dilakukan petani cengkeh. Tidak banyak petani yang sudah familiar dengan alat penggugur cengkeh ini. Selama ini petani sudah terbiasa melakukan proses pemisahan bunga dari tangkainya dengan cara manual. Salah satu kendalanya adalah jika panen raya tiba, petani kesusahan mendapatkan tenaga kerja atau buruh yang bersedia untuk melakukan pekerjaan pemisahan itu. Keberadaan peralatan yang mampu membantu petani cengkeh, tentu menjadi angin segar buat petani cengkeh di indonesia.

Mesin Perontok Cengkeh berfungsi untuk memisahkan bunga cengkeh dari tangkainya, sehingga didapatkan bunga cengkeh yang sudah terpisah dari tangkainya. Mesin penggugur cengkeh ini berperan penting dalam proses mempercepat pemisahan bunga cengkeh dari tangkainya. Mengingat proses pemisahan bunga cengkeh dari tangkainya memakan waktu yang lama jika masih dilakukan dengan secara tradisional. Dengan mesin pemipil bunga cengkeh diharapkan dapat menjadi solusi bagi petani cengkeh untuk mempersingkat tahapan panen petani.

Jika waktu dalam tahapan panen ini bisa dipercepat, maka biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan. Sudah saatnya petani indonesia mengupgrade teknologi yang digunakan agar mampu bersaing dengan petani negera-negara lain. Biaya yang tinggi salah satu isu penting yang harus diselesaikan pemangku kepentingan agar petani kita bisa survive ditengah gelombang maraknya produk pertanian import. Sudah saatnya petani inidonesia berjaya.