Artikel

Mesin Pirolisis Plastik Sebagai Solusi Sampah Plastik Apakah Tepat?

Berbagai solusi atau cara dilakukan dalam mengatasi sampah plastik yang ada, salah satunya dengan mesin pirolisis plastik. Namun apakah itu efektif dalam menangani sampah yang ada? Karena pada dasarnya mesin tersebut hanya berfokus pada sampah plastik saja.

Bisa dikatakan memang sampah yang ada diberbagai wilayah tidak hanya sampah plastik saja, ada yang dari sampah organik juga. Namun yang perlu menjadi catatan adalah bahwa sampah organik lebih mudah untuk dimanfaatkan sebagai pupuk organik. Begitupun juga pada sampah anorganik lainnya seperti botol dan kaleng, sampah tersebut masih memiliki nilai.

Menangani sampah plastik dimulai dari mengurani kehadirannya

Berbeda halnya jika pada sampah plastik, meskipun banyak sekali inovasi yang dilakukan oleh sekumpulan orang untuk memakai sampah plastik tersebut sebagai bahan kreatifitas. Namun tetap saja tidak akan setinggi nilainya dengan sampah botol dan kaleng bekas. Oleh sebab itu penanganan sampah plastik yang paling utama sebenarnya adalah pada proses awal yaitu mengurangi kehadirannya.

Mengurangi tingkat pemakaian terhadap plastik, baik dari plastik kantong dan juga plastik kantong. Sebagai contoh plastik kantong, dapat tergantikan dengan wadah keranjang belanjaan. Meskipun hal itu sebenarnya sulit untuk dilakukan karena dinilai tidak praktis, namun tetap saja perlu diaplikasikan sebagai bentuk upaya pengurangan sampah plastik yang ada.

Mesin pirolisis diharapkan mengembalikan lingkungan yang asri

Dampak positif yang akan didapat ketika menurunnya sampah plastik yang ada adalah lingkungan kembali asri dan berbagai komoditi tidak mengalami pencemaran. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa laut merupakan salah satu tempat yang sering kali menjadi perjalanan sampah plastik. Efeknya berbagai binatang yang ada secara tidak sengaja terkena dampak dari sampah plastik tersebut.

Dan pemakaian mesin pirolisis diharapkan menjadi solusi paling logis jika cara mengurangi sampah plastik tersebut masih belum berjalan sesuai harapan. Kembali kejudul yang ada apakah mesin tersebut merupakan solusi yang tepat untuk dipakai? Jawabannya adalah Ya, namun tetap dalam sebuah mesin pasti masih ada kekurangan.

Namun meski begitu tidak ada salahnya memakai mesin pirolisis plastik sebagai media dalam menangani sampah plastik yang kian meningkat. Hal itu serta merta bertujuan untuk menjaga keasrian lingkungan dan mengurangi potensi hadirnya berbagai macam penyakit.