Artikel

Menurunkan Jumlah Sampah Plastik Dengan Mesin Pirolisis Plastik

Penumpukan jumlah sampah plastik diberbagai wilayah di Indosesia membuat perlu hadirnya sebuah solusi. Mesin pirolisis plastik merupakan salah satu solusi dalam menangani sampah plastik yang kian meroket jumlahnya. Karena hal ini sangat mempengaruhi kelestarian alam dan kesehatan lingkungan.

Berbagai dampak dari sampah tidak bisa dianggap remeh, berbagai permasalahan penyakit yang diakibatkan oleh sampah sudah banyak terjadi. Dan dengan alasan tersebut perlu sekiranya penanganan serius terhadap sampah yang ada. Baik itu sampah organik maupun sampah anorganik.

Solusi terkait permasalahan sampah yan ada

Berbagai solusi bisa dilakukan terkait permasalahan sampah yang ada, dan terkait solusi bisa disesuaikan dengan karakteristik dari sampah itu sendiri. Sampah yang ada memang berbeda di masing-masing lingkungan atau wilayah, maka dari itu masyarakat harus sigap untuk memilih langkah solusi yang digunakan.

Sebagai contoh sampah organik, yaitu sampah daun dedaunan sampah sisa rumah tangga bisa dimanfaatkan untuk dibuat pupuk organik. Sampah botol dan kaleng bisa dibuat untuk media tanam. Dan sampah plastik juga bisa dipakai untuk membuat kreasi kerajinan yang menarik dan dijual kepada masyarakat.

Namun sayangnya tidak semua sampah plastik memiliki nilai yang bisa dibuat menjadi sebuat kreasi. Ada sampah-sampah plastik yang pada akhirnya memenuhi TPA, dan itu sangat memperburuk kualitas dari lingkungan sekitar. Memang penanganan sampah ini adalah kewajiban semua kalangan, baik masyarakat maupun pemerintah.

Mesin pirolisis media solusi sampah plastik

Dan karena hal itu untuk mengurangi banyaknya sampah plastik yang ada perlu sekiranya ada alat yang dapat meminimalisir melonjaknya sampah plastik yang ada. Dan mesin pirolisis merupakan salah satu solusi yang perlu dipertimbangkan untuk mengatasinya. Secara konsep mesin ini adalah media atau cara untuk mengolah sampah plastik menjadi bentuk asalnya.

Dengan cara yang dilakukan adalah melalui proses pembakaran dengan temperatur tertentu. Pembakaran yang dihasilkan adalah berupa Bahan Bakar Minyak dan hasil sisa-sisa pembakaran. Dari proses yang dilakukan mesin pirolisis plastik ini diharapkan mampu mengurangi jumlah tumpukan sampah plastik yang semakin bertambah.

Keuntungan yang diperoleh jika semua sampah dapat diatasi adalah pastinya memperbaiki kelestarian lingkungan dan meminimalisir timbulnya penyakit. Maka dari itu peran dari semua segmen masyarakat dalam penanganan sampah perlu ditingkatkan.