Artikel

Pentingnya Mesin Kemasan Kopi Untuk Pelaku Usaha Kopi

mesin-pengemas-kopi-otomatis

Apakah Anda adalah seorang pengusaha atau pelaku usaha kopi? Jika iya, mungkin Anda memerlukan mesin kemasan kopi. Mesin packing kopi merupakan salah satu mesin packing otomatis yang digunakan untuk mengemas produk kopi dalam bentuk kemasan sachet secara otomatis. merupakan mesin yang sangat berguna bagi Anda para pengusaha kopi. Biasanya, mesin ini banyak dijumpai di tempat para pelaku usaha atau industri yang melayani penjualan produk kopi seperti bubuk kopi, biji kopi, hingga butiran kopi.

Produk yang berasal dari kopi tersebut kemudian dikemas kedalam bentuk sachet.  Mengapa para pelaku usaha kopi ini mulai berbodong-bondong berganti ke kemasan sachet? Jika Anda belum tahu pentingnya suatu kemasan, maka simak ulasan dibawah ini :

 

Pentingnya Kemasan Suatu Produk

Jika Anda berpfikir bahwa kemasan adalah hal sepele, maka Anda salah. Mengapa, sebab penurut penelitian majalah Forbes, kemasan adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi calon konsumen untuk membeli suatu produk. Lebih tepatnya, keputusan konsumen ini didasarkan pada naluri dan aksi reaktif. Atau singkatnya pembeli akan memeperhatikan produk dari segi warna, bentuk, dan lokasi yang penjualan.Potensi pasar

Dari hal diatas bisa dilihat bahwa fungsi dari kemasan juga mengalami perubahan. Jika kita menggunakan cara pandang terdahulu, mungkin kemasan hanya didefinisikan sebagai suatu wadah saja. Dan fungsi kemasan tak lain adalah sebagai proteksi, dan mencegah gangguan dari luar.

Namun dengan berjalannya waktu dan kebutuhan pemasaran, maka fungsi kemasan bertambah. Fungsi kemasan saat ini adalah sebagai media komunikasi, mengutarakan pesan dan tujuan suatu produk kepada pelanggan. Dengan begitu, maka para konsumen akan tahu apa saja kandungan nutrisi dan bahan-bahan makanan atau minuman yang mereka konsumsi.

Berkembangnya fungsi kemasan ini, juga berimbas pada produk makanan cepat saji. Contohnya adalah kemasan junk food. Jika dulu kemasan saus menggunakan botol, maka saat ini kemasannya berubah menjadi berbentuk sachet. Hal ini dinilai lebih praktis, ekonomis dan juga mudah dibersihkan.

Nah, dengan memperhatikan betapa pentingnya kemasan diatas, maka berbagai industri mulai mengganti kemasannya menjadi kemasan sachet. Salah satunya adalah industri kopi. Pada pelaku usaha kopi, kita sering menemui mesin pengemas kopi otomatis. Dan mesin ini beroperasi tidak secara manual, namun secara otomatis menggunakan tenaga mesin.Mesin tersebut dihubungkan dengan daya dari tenaga listrik atau mesin diesel, sehingga akan lebih menghemat tenaga manusia dan memudahkan pekerjaan.

 

Susunan Mesin Pengemas Kopi

Mesin kemasan kopi otomatis memiliki beberapa susunan. Susunan tersebut terdiri dari wadah penampung, corong, pengatur volume, dan penyegel. Masing-masing alat ini memiliki fungsi yang berbeda. Sehingga dalam satu mesin, Anda bisa bisa melakukan pengisian sekaligus penyegelan. Cukup canggih bukan?. Untuk lebih lengkap mengenai bagian-bagian mesin pengemas otomatis sudah dijelaskan pada artikel Fungsi dan kegunaan part mesin pengemas otomatis.

Dan perlu Anda tahu, pada mesin packing kopi sachet versi terbaru, juga dibekali dengan pengatur kecepatan. Sehingga Anda juga bisa mengatur seberapa cepat mesin ini akan mengemas. Rata-rata suatu mesin dapat mengemas kopi mulai 20 hingga 75 kemasan setiap menitnya. Jadi, akan sangat menghemat proses produksi dan pengemasan. Coba saja Anda bayangkan jika Anda harus mengemas kopi satu demi satu secara manual. Pasti akan memerlukan waktu yang banyak, dan juga biaya yang besar karena Anda harus menggunakan banyak tenaga manusia.

Keuntungan Memakai Mesin Untuk Mengemas

Dengan menggunakan mesin pengemas untuk produk kopi Anda, maka Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

  • Tak Ada Produk Yang Tercecer

Saat Anda mengemas bubuk kopi dengan mesin, maka tidak akan ada produk yang tercecer atau tumpah. Mengapa, sebab menggunakan tenaga mesin yang mengandalkan daya listrik dan bukan daya manusia. Selama Anda bisa mengoperasikan mesin pengemas dengan baik, maka hal buruk seperti tumpah atau tercecer tiak akan terjadi. Sehingga tidak ada produk yang terbuang, dan keuntungan bisa lebih banyak.

  • Dapat Memenuhi Permintaan Konsumen Dengan Cepat

Seperti yang dikatakan diatas bahwa sebuah mesin dapat mengemas hingga 75 bungkus per menitnya. Dengan kecepatan tersebut, maka Anda tak usah cemas bagaimana mengatasi orderan konsumen yang sudah menumpuk. Hebat kan?

  • Multifungsi

Jika Anda berpikir bahwa mesin ini hanya bisa digunakan untuk mengemas kopi saja, maka Anda salah. Ya, meski namanya adalah mesin pengemas untuk kopi, namun sejatinya ini adalah mesin pecking sachet. Sehingga mesin ini juga bisa dapat digunakan untuk mengemas produk lai seperti saus, kecap, hingga olahan makanan.

  • Kemasan Kopi Lebih Rapi

Sudah barang tentu bahwa kemasan yang dihasilkan oleh mesin pengemas akan lebih rapi jika dibanding dikemas oleh manusia. Ini dikarenakan pengemasan dikerjakan menggunakan mesin yang bisa diatur sesuai kebutuhan kita.

  • Produk Lebih Higienis

Kualitas produk yang dikemas menggunakan mesin akan lebih terjaga karena tidak terkontaminasi dengan benda asing. Tentu hal ini berbeda dengan produk yang dikemas manual oleh manusia dimana bisa saja kopi tercampur dengan keringat atau benda lain.

  • Tampilan Lebih Menarik

Tak hanya kualitas produk yang bagus, dari segi kemasan pun bisa lebih menarik jika Anda menggunakan mesin pengemas. Anda bisa membuat kemasan dengan desain gambar yang unik. Dengan begitu, maka konsumen akan lebih melirik produk Anda karena menarik dan juga rapi.

 

Tips Melakukan Packing Kopi

Salah satu peluang usaha kopi yang harus Anda perhatikan adalah kemasan produk kopi Anda. Sebelum Anda mulai memasarkan produk Anda, ada hal yang harus Anda perhatikan yaitu hal pengemasan. Tentunya Anda akan membutuhkan packaging kemasan yang berkualitas bagus. Untuk itu, ada beberapa tips saat packing produk kopi Anda. apa saja? Berikut penjelasannya!

  • Tentukan Bahan Kemasan Yang Sesuai Dengan Produk

Sebelum mengemas, Anda harus menentukan produk anda. apakah kopi murni, ataukah kopi plus gula. Jika Anda mengemas kopi plus gula, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab kopi plus gula cukup rentan terhadap kontaminasi serangga, khususnya semut. Sebab semut menyukai yang manis-manis. Maka dari itu, Anda perlu memilih kemasan dari bahan yang baik. Salah satu cirinya adalah tidak terlalu tipis dan tidak mudah sobek saat digigit serangga.

  • Cantumkan Keterangan Produk Pada Kemasan

Hal ini cukup penting diperhatikan. Mengapa, sebab konsumen biasanya akan melihat informasi produk sebelum membelinya. Dan informasi seperti mengenai kandungan, bahan-bahan, dan juga tanggal kadaluwarsa produk akan sangat pas jika ditaruh pada kemasan. Dengan begitu, konsumen bisa dengan mudah mengakses, dan juga akan mempermudah konsumen dalam memutuskan nantinya.

  • Atur Jumlah Produk Dan Kebutuhan Pasar

Sebelum mengemas, maka Anda harus bisa memprediksi kebutuhan pasar akan produk Anda. Jika dirasa produk Anda bisa habis dengan cepat, maka Anda bisa memproduksi atau mengemas kopi dengan jumlah yang besar. Namun sebaliknya, jika produk Anda mungkin masih sedikit peminatnya, maka kemaslah hanya sedikit atau jika ada permintaan pasar.

Nah, itulah ulasan tentang peluang usaha kopi dan serba-serbi di dalamnya. Jika Anda memiliki info lainnya seputar mesin canggih ini, baik itu harga, atau jenis-jenisnya, jangan sungkan berbagi ya!