Artikel, Mesin Lainnya

Populerkan Kopi Nusantara Dengan Pengemasan Nan Rupawan

populerkan-kopi-nusantara-dengan-pengemasan

Indonesia …negeri kepulauan terbesar didunia , yang terdiri dari lebih 17.000 pulau , ratusan suku dan bahasa , merupakan bangsa yang paling banyak ragam budayanya. Dikaruniai kekayaan alam yang melimpah, hasil buminya tersohor sejak dahulu kala. Salah satunya adalah kopi. Siapa yang belum pernah dengar Java coffee….?Ternyata bukan dipulau jawa saja kopi dihasilkan ,di bumi nusantara ini ,daerah penghasil kopi terkenal selain jawa adalah Gayo (Aceh),Toraja,Bajawa (Flores),Kintamani (Bali). Namun masih banyak penghasil kopi yang belum dikenal secara luas ,apalagi khalayak mancanegara. Oleh sebab itu ,sudah saatnya mempopulerkan kopi nusantara ,salah satu caranya dengan melakukan pengemasan yang elok nan rupawan,sehingga membuat jatuh hati para pecinta kopi.

Kopi Jawa ,terdiri dari 2 jenis yaitu kopi arabika dan robusta. Kopi yang ditanam di jawa tengah adalah jenis arabika ,sedang di jawa tidur lebih cenderung robusta. ciri khasnya memiliki aroma yang bagus,tingkat kekentalan dan keasaman medium, dan memiliki rasa yang seimbang. Kopi gayo,memiliki tingkat keasaman yang ringan dan tingkat keasaman yang seimbang. Kopi toraja, kopi yang tidak meninggalkan rasa pahit,memiliko rasa khas tanah dan tingkat keasaman yang rendah. Sedangkan kopi bajawa memiliki tingkat kekentalan yang tinggi serta keasaman yang rendah. Dan terakhir kopi dari kintamani memiliki biji besar,dengan tingkat kekentalan,dan keasaman yang sedang.

Keanekaragam budaya ,suku, bahasa ,agama, dan tentunya rasa ,dan karakter kopi yang dihasilkan. Wow..anugerah dari Tuhan yang luar biasa ,tiada duanya. Potensi dahsyat yang harus disyukuri,dijaga,dikembangkan.dan dipopulerkan ke seluruh penjuru dunia, yang dibahas disini kopinya ya..

Tentu saja untuk mempopulerkan kopi nusantara ke mancanegara,juga tak mudah,memerlukan kerja cerdas dan kerja keras. Bukan kerja ala kadarnya. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas kopinya.Ya..Quality of Product. Untuk menjaga kualitas kopi yang dihasilkan ,selain proses tanam,perawatan,panen,pengolahan ,namun pengemasan juga sangat penting. Agar kopi yang sudah diproduksi ,kualitasnya tetap terjaga,sampai berada ditangan konsumen. Apakah pengemasan bisa dilakukan dengan material seadanya? tentu tidak. Material pengemas pun harus diperhatikan,benar -benar bisa melindungi produk,dan tentu saja harus food grade. Kertas,plastik,alumunium foil, apapun itu haruslah food grade.

Tak cukup hanya dikemas,namun juga kreatifitas desain kemasan menjadi sesuatu kebutuhan tak terelakkan,setujukah..?Bentuk kemasan,teknik mengemas semua merupakan satu rangkaian yang tak bisa ditinggalkan.Bukannkah produk kopi dengan kualitas nomor satu ,juga dituntut memiliki packaging kelas satu?Kemasan nan rupawan adalah ibarat kostum pemain drama,walaupun alur cerita belum selesai,namun audience sudah dibuat kagum. Dan….dijaman now ..seperti sekarang mesin adalah sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan,malah kebutuhan. Didalam kontek ini Mesin Pengemas Kopi adalah  kebutuhan yang tak dapat dihindarkan.

Mari populerkan kopi nusantara………..