Artikel

Hurrem Di Masa Lalu Vs Mesin Packing Kopi Jaman Now

Membahas masalah kopi di jaman now,nggak bisa dipisahkan mengenai sejarah kopi dan penyebarannya dimasa lalu . Kalau ditanya judul artikel kok aneh? bukan aneh tapi unik …historis tepatnya.Ya….point dari artikel ini adalah peran penting Hurrem dimasa lalu dan mesin pengemas kopi dijaman sekarang,dalam hal penyebaran kopi dan budaya minum kopi didunia.

Siapakah Hurrem ? mungkin itu yang bakal ditanyakan ,bagi sebagian orang yang menyukai sejarah Turki Ustmani ,pasti sudah mengenalnya. Benar…Hurrem Sultan adalah istri kesayangan dari Sultan Sulaiman Al Kanun atau Sulaiman yang agung dari Istanbul.Budak yang lahir di Ukraina dengan nama asli Alexandra Anastasia Lisowska ini berhasil menarik perhatian sultan dan menjadi selir raja bahkan akhirnya menjadi permaisuri penguasa Ottoman itu.

Lantas apa jasa Hurrem dalam dunia perkopian ?Ooo…begini ceritanya…..Pada Masa itu kopi adalah komoditi yang masih asing didunia,belum banyak yang mengenal,apalagi memperdagangkan.Bahkan banyak yang belum tahu cara yang baik untuk mengolah dan menikmatinya.Hurrem yang berasal dari rakyat jelata bahkan budak ,memiliki pergaulan yang luas.Berbeda dengan putri -putri dan permaisuri yang sebelumnya,yang hanya hidup dibalik tembok istana.

Hurrem memiliki teman seorang pedagang,melalui pedagang itu Hurrem diperkenalkan kopi ,minuman pahit dan asing dimasa itu.Mereka belum tahu kalau kopi plus gula itu nikmat.Akhirnya biji kopi dibawa ke Topkapi ,Istana dimana Hurrem dan Sultan tinggal.Dan di Istana ,Hurrem memperkenalkan seduhan kopi ke Sultan.Minuman yang sebelumnya tidak dikenal,asing,dan hanya diminum oleh rakyat jelata ,akhirnya naik kelas setelah Sultan Ottoman ,penguasa 2/3 dunia kala itu menjadi salah satu penikmatnya.

Demikianlah jasa Hurrem bagi perkembangan dan penyebaran kopi diseluruh dunia.Secara tidak langsung berkat Hurrem,kopi naik kelas dan tersebar ke seluruh penjuru dunia,paling tidak di wilayah kekuasaaan Kekaisaran Ottoman,yang meliputi 2/3 muka bumi.

Terus…peran mesin packing kopi apa?Oke ….Begini ,jika dimasa lalu kopi menjadi minuman terkenal , naik kelas dan tersebar ke penjuru dunia, begitupun dengan mesin packing kopi dijaman now .Hehe…..Iya …Mesin packing kopi juga bisa menjadikan kopi lebih famous, sehingga kopi  bisa lebih eyecatching lagi.Karena dengan dikemas dengan desain warna warni ,dengan material kemasan yang ciamik,maka niscaya pamor kopi akan lebih elegan ,eksklusif dan bergaung.Kemasan sachet,stick yang ekonomis bisa dengan mudah diwujudkan dengan Mesin Packing Kopi Otomatis.