Artikel

Fungsi Dasar Mesin Mixer Dalam Pembuatan Pupuk Kompos

pembuatan pupuk kompos

Pada proses alur kerja pembuatan pupuk kompos, ada beberapa tahapan yang biasanya dilakukan. Bahan baku kompos yang masih berukuran besar dicacah atau dihancurkan terlebih dahulu. Proses pencacahan bisa dilakukan dengan manual atau yang lebih menggunakan mesin mesin pencacah sampah organik atau mesin pencacah kompos. Tujuan dari mencacah bahan-bahan kompos ini adalah proses pengomposan lebih cepat.

Bahan baku yang sudah berukuran kecil-kecil, kemudian dicampur dengan bahan baku lainnya. Proses pencampuran bahan baku dalam pembuatan pupuk kompos harus merata atau homogen. Untuk hasil pengadukan merata, kita bisa menggunakan mesin mixer kompos. uk kompos

Selanjutnya bahan baku kompos tersebut masuk dicampur dalam mesin pengayak kompos untuk mendapatkan hasil yang lebih lembut. Tahap selanjutnya bahan baku kompos tersebut masuk dalam proses pengadukan menggunakan mesin pengaduk kompos atau mesin mixer kompos.

Fungsi dasar dari mesin mixer kompos adalah mengaduk bahan baku kompos dengan bahan baku tambahan lain sehingga bahan – bahan tersebut tercampur secara merata. Dalam skala kecil cukup menggunakan tenaga manusia untuk proses pengadukan bahan baku, akan tetapi untuk skala besar penggunaan mesin mixer kompos menjadi hal yang sangat penting untuk memenuhi jumlah kapasitas produksi yang besar.

Alat pengaduk kompos ini bisa mencampur bahan baku kompos mulai dari kapasitas 50kg per proses atau batch. Waktu yang dibutuhkan dalam proses pengadukan tergantung karakter bahan baku yang diaduk. Sehingga kita tidak akan direpotkan untuk mengaduk bahan baku pupuk kompos dalam jumlah yang besar.