Artikel

Cara Kerja Singkat Mesin Pengayak Pupuk Kandang

pupuk kandang

Pupuk kandang merupakan salah satu pupuk yang sangat familiar digunakan oleh masyarakat luas. Mulai dari penggunaan untuk bercocok tanam atau berkebun. Penggunaan untuk tanaman di halaman rumah sampai penggunaan untuk pertanian dan perkebunan skala besar.

Pupuk kandang berfungsi untuk memperbaiki kesuburan dan struktur tanah. Pupuk kandang merupakan salah satu jenis pupuk organik seperti halnya pupuk hijau dan pupuk kompos. Sama seperti pengolahan pupuk kompos, pengolahan pupuk kandang skala besar memerlukan mesin pengolahan. Salah satunya adalah mesin pengayak kompos.

Mesin  pengayak pupuk dalam penggunaannya secara umum sama dengan cara kerja mesin pengayak kompos yang biasanya terbagi dalam tiga bagian yaitu corong masukan (input bahan baku), mesin utama pengolah, dan corong keluaran (output bahan baku).

Secara singkat cara kerja mesin pengayak kompos dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan baku pupuk yang telah melewati proses pencacahan.
  2. Siapkan wadah penampungan untuk hasil ayakan dan satu lagi untuk bahan baku yang tidak lolos hasil ayakan.
  3. Hidupkan mesin pengayak kompos.
  4. Masukkan bahan baku pupuk yang telah dicacah dan dihancurkan secara bertahap. Pastikan dalam bahan baku pupuk kandang tersebut tidak tercampur dengan benda – benda keras seperti besi,kayu,dll.
  5. Selesai semua proses pengayakan, segera matikan mesin pengayak kompos.

Proses pengayakan bahan baku pupuk telah selesai dan hasil ayakan ini bisa langsung dilanjutkan ke tahap berikutnya, masuk ke mesin pengaduk kompos.

Demikian ulasan cara kerja mesin pengayak kompos, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Aneka Mesin juga menyediakan mesin usaha lainnya seperti mesin filling minuman, mesin pengemas gula, mesin filling sabun cair, dan mesin lainnya.