Artikel

Mesin Pencacah Sampah Organik Untuk Membuat Kompos Yang Optimal

pupuk kompos

Membuat kompos yang optimal dan cepat menjadi harapan pelaku usaha kompos. Mengolah pupuk kompos membutuhkan waktu dan proses. Untuk itulah, sebaiknya pengolahan sampah yang sudah agak besar menggunakan mesin. Mesin yang bisa digunakan diantaranya mesin pencacah sampah organik, mesin pengayak kompos dan peralatan lainnya.

Masih banyak kita temui sebagian masyarakat bingung kemana harus membuang sampah organiknya, terutama mereka yang memiliki kebun untuk berbagai macam tanaman seperti pohon pisang, jambu, dan tanaman lainnya. Sehingga sering menyisakan sampah organik. Sebagian mereka menunggu ketika sampah sudah kering kemudian membakarnya. Padahal sampah organik tersebut dapat diolah dengan membuat kompos.

Kita sudah melihat barangkali di beberapa tempat yang memanfaatkan peluang ini. Bahkan mereka menggunakan system usaha yang saling menguntungkan semacam bank sampah. Mereka pemilik sampah dengan senang menabung sampah mereka di tempat pengolahan sampah. Kemudian diolah dengan membuat kompos, menghasilkan pupuk kompos. Kompos yang sudah terjual, mereka pun ikut merasakan hasilnya. Hal itu biasanya adalah program dari pemerintah setempat.

Namun dengan banyaknya wilayah yang masih sangat awam tentang hal tersebut, tidak ada salahnya calon pelaku usaha melirik peluang yang besar ini. Entah ingin menggunakan bentuk sistem seperti apapun, yang pasti usaha pengolahan sampah dengan membuat kompos masih terbuka lebar. Hal pertama yang harus disiapkan tentu adalah dengan memiliki mesin pencacah sampah organik. Yah dengan mesin pencacah kompos akan membuat hasil cacahan berukuran kecil. Bahan baku yang berukuran kecil lebih cepat dalam proses pematangan pupuk kompos.

Dengan demikian, untuk Anda yang ingin melakukan usaha pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos tentu sangat disarankan untuk memiliki mesin pencacah sampah organik ini.